Shopee Liga 1: Pemain Asing Tira Persikabo Hengkang ke Klub Thailand

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 30 Des 2020 15:05 WIB
Tira Persikabo
Ilustrasi sebuah sesi latihan Tira Persikabo. (Foto: dok Tira Persikabo)
Jakarta -

Masih soal eksodus pemain dari klub-klub Shopee Liga 1. Teranyar, ada Artyom Filiposyan yang meninggalkan Tira Persikabo untuk bergabung dengan klub Thailand yang juga dibela Yanto Basna.

Artyom Filiposyan, bek asing Tira Persikabo, menjadi pemain teranyar dalam gerbong pesepakbola yang meninggalkan Indonesia di tengah belum lanjutnya Shopee Liga 1. Ia gabung PT Prachuap, klub Yanto Basna di Thailand.

Sebelum ini, sejak pekan lalu Artyom Filiposyan memang sudah mengungkapkan bakal pindah ke Thailand. Ia mengatakannya kepada media lokal Uzbekistan. Ia tak setuju dengan penawaran gaji 25 persen yang diajukan manajemen Tira Persikabo di tengah masa-masa belum kembali bergulirnya Shopee Liga 1.

Setelah menolak perpanjangan kontrak, ia pulang ke kampung halamannya. Kebetulan tawaran dari Prachuap datang dan ia pun langsung menerima ajakan tersebut

Prachuap bukan klub asing buat pemain asal Uzbekistan itu. Ia juga pernah memperkuat klub asal Provinsi Prachuap Khiri Khan pada 2019 atau sebelum gabung Tira Persikabo.

"Saya hanya memiliki tiga pertandingan bersama Persikabo. Tidak banyak yang bisa saya katakan. Tapi yang pasti saya sangat senang sudah berada di tim yang punya penggemar besar dan fanatik, dan Persikabo memiliki stadion bagus, masyarakat yang ramah," kata Artyom Filiposyan dalam rilis Tira Persikabo.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada teman-teman pemain di Persikabo, semoga sukses di setiap pertandingan dan menjadi tim yang kuat. Untuk fans dan Presiden klub Bapak Bimo (Bimo Wirjasoekarta) saya ucapkan terima kasih juga sudah mendukung saya," ujarnya menambahkan.

Usai tak lagi main di Shopee Liga 1, Artyom Filiposyan akan bersaing dengan Yanto Basna untuk memperebutkan posisi bek tengah Prachuap. Yanto Basna adalah andalan Prachuap dengan catatan 14 kali tampil dari 16 pekan Thai League 1 2020/2021.

Meski begitu, Pelatih Prachuap Thawatchai Damrong-Ongtrakul juga bukan orang asing bagi Artyom Filiposyan. Dia juga pelatih Prachuap yang sama saat pemain 32 tahun itu masih memperkuat klub Thailand tersebut.

"Saya menerima tawaran dari klub Thailand dari pelatih kepalanya. Saya menerima tawaran itu. Karena saya bermain pada 2019, saya memenangkan Piala. Dan klub ini sudah tidak asing lagi bagi saya," tutur pemilik 13 caps bersama Timnas Uzbekistan itu.

"Jika pelatih kepalanya menawarkan langsung ke saya, maka dia menghormati saya dan tahu apa yang mampu saya lakukan. Oleh karena itu, saya menerimanya. Ini sebuah tantangan lagi," ucapnya mengakhiri.

(krs/rin)