sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 07 Jan 2021 19:32 WIB

PPKM Bikin Skuad Bali United Batal Kumpul untuk Gelar Latihan

Muhammad Robbani - detikSport
Stefano Cugurra Teco, pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco, pelatih Bali United. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Skuad Bali United batal berkumpul dan berlatih, terkait aturan PPKM di Jawa dan Bali. Padahal Serdadu Tridatu sudah menjadwalkan mengumpulkan tim.

PPKM adalah penerapan pembatasan kegiatan masyarakat yang diberlakukan di sebagian wilayah Jawa dan Bali. PPKM menggantikan istilah PSBB (pembatasan sosial berskala besar) Jawa Bali yang diberlakukan pada 11-25 Januari 2021.

Sehubungan dengan PPKM tersebut, rencana Bali United pun berubah. Dalam rencana sebelumnya, semua anggota tim diminta datang ke Bali pada Selasa (5/1/2020) dan Rabu (6/1). Setelah semua berkumpul, akan dilaksanakan Swab PCR terlebih dahulu.

Latihan baru akan digelar setelah hasil tes keluar dan tim dipastikan aman dari COVID-19. Namun, kini rencana itu tinggal angan-angan. Manajemen tak mau mengambil resiko dengan menggelar latihan di masa PSBB pengganti PPKM.

"Pemain belum datang, karena kami tahu akan ada kegiatan Lockdown (maksudnya PSBB) di Bali," kata Pelatih Bali United Stefano Cugurra alias Teco dikutip dari laman klub.

"Kami juga menunggu kapan bisa kerja lagi di lapangan. Pertandingan Liga 1 terakhir kali di bulan Maret tahun lalu, dan itu sudah lama sekali," ujarnya lagi.

Rencana latihan Bali United yang akan digelar lebih awal dibanding tim lain sudah ditetapkan meski nasib Shopee Liga 1 masih menggantung. Tapi, Bali United punya alasan lain karena mereka juga bisa menggunakan latihan ini sebagai persiapan tampil di Piala AFC 2021.

Tapi karena latihan dibatalkan, tim pelatih pun harus menyusun ulang periodisasi latihan. Bisa jadi Bali United baru bisa menjadwal ulang latihannya setelah masa PPKM di Jawa-Bali berakhir.

"Kita semua tahu bila Liga 1 mungkin akan bergulir bulan Februari tahun ini. Saya pikir idealnya tim punya persiapan latihan satu bulan sebelum kompetisi," tutur Teco.

"Tim sudah lama tidak ikut program latihan, saya takut pemain bisa cedera jika tidak punya persiapan yang bagus. Waktu sudah ada kepastian buat kompetisi, baru kita bisa susun jadwal program latihan untuk tim," ucapnya.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com