Shin Tae-yong Ditarget Emas SEA Games 2021, Janjikan Hal Ini

Mercy Raya - Sepakbola
Kamis, 11 Feb 2021 15:40 WIB
Para pemain Timnas berlatih di Lapangan D Senayan, Jakarta, Rabu (10/2/2021).
Timnas Indonesia U-22 ditarget emas di SEA Games 2021, Shin Tae-yong berjanjiusaha maksimal. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Shin Tae-yong tak bisa menjanjikan Timnas Indonesia U-22 pasti meraih emas di SEA Games 2021 Vietnam. Tapi, dia akan berusaha maksimal.

SEA Games akan berlangsung di Vietnam pada 21 November-2 Desember 2021. Ajang itu akan mempertandingkan 40 cabang olahraga, termasuk sepakbola.

Mempersiapkan itu, PSSI bersama Shin Tae-yong telah menggelar pemusatan latihan kedua menuju multievent dua tahunan tersebut. Saat ini, ada 36 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan di Stadion Madya, GBK, sejak 8 Februari lalu. Setelah sempat dibubarkan pada 31 Desember 2020.

Mereka bersiap lebih awal demi mencapai target yang dicanangkan pemerintah yakni emas. Indonesia sudah cukup lama tak meraih podium tertinggi di SEA Games. PSSI, melalui Ketua Umumnya, Mochamad Iriawan, juga telah merespons target itu dan berusaha mewujudkannya di multiajang edisi ke-31 ini.

Lantas bagaimana dengan Shin Tae-yong?

"Tujuan utamanya memang harus ambil yang terbaik. Jujur kami tidak bisa bilang pasti dapat emas. Tapi kami akan maksimalkan. Saya akan maksimalkan," kata Shin kepada pewarta.

Kesulitan Shin mewujudkan target itu boleh jadi karena berbagai kendala yang ia hadapi dalam mempersiapkan Timnas. Salah satunya pandemi Corona yang melanda dunia, khususnya Indonesia.

Di sisi lain, kompetisi yang tak kunjung bergulir juga menjadi persoalan tersendiri. Shin Tae-yong pernah menyebut bahwa kompetisi bisa membantu para pemain Timnas Indonesia untuk menjaga mentalitas dan atmosfer pertandingan untuk menatap ajang-ajang internasional.

Selain itu, kompetisi juga bisa menjadi salah satu penilaian perkembangan pemain. "Pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan di kompetisi resmi. Ini beda dengan hanya training camp dan uji coba dengan Timnas negara lain atau klub," kata Shin dalam rilis federasi beberapa waktu lalu.

Saksikan juga Video: Shin Tae-yong Memohon Agar Liga Indonesia Kembali Bergulir

[Gambas:Video 20detik]



(mcy/cas)