sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 18 Feb 2021 19:00 WIB

Pramusim Piala Menpora 2021 Sudah Dapat Izin, PT LIB Bersyukur

Muhammad Robbani - detikSport
Bhayangkara FC vs Persija Jakarta di Shopee Liga 1 2020 menyajikan duel yang seru. Perang bintang itu tanpa pemenang. Ada turnamen pramusim Piala Menpora 2021, PT LIB bersyukur (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akhirnya bisa bernapas lega. Polri sudah resmi memberikan izin turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengumumkan izin itu di Mabes Polri, Kamis (18/2/2021). Setelah vakum selama hampir satu tahun, sepakbola akhirnya bisa jalan lagi.

"Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT. Ini kerja keras semua pihak termasuk klub, pemain, pelatih, suporter dan media dan siapapun yang terlibat," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada wartawan.

"Mudah-mudahan kami bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya dan berdampak positif bagi siapapun," ujarnya lagi.

PT LIB sudah mengurus perizinan kompetisi sejak tahun lalu ke Polri dan akhirnya bisa didapatkan.

Adapun PT LIB bersama PSSI akan menyelenggarakan ajang pramusim terlebih dahulu. Ide pramusim ini merupakan keinginan dari para klub yang mau menjalani pemanasan dulu sebelum terjun ke kompetisi.

Rencananya, turnamen pramusim akan diselenggarakan mulai 20 Maret. Pesertanya adalah 18 klub Shopee Liga 1 dan dua klub dari Liga 2.

Listyo mengingatkan agar turnamen pramusim benar-benar menerapkan protokol kesehatan ketat. Karena Polri sempat menahan izin karena khawatir sepakbola menjadi klaster penyebaran COVID-19.

"Kami sepakat untuk memberikan kesempatan izin terkait dengan penyelenggaraan turnamen pramusim, tentunya dengan catatan bahwa penegakan aturan terkait dengan masalah protokol kesehatan itu menjadi syarat utama," tutur Listyo.

"Tentunya, dengan adanya kesepakatan tersebut, kita semua harus sama-sama menjaga dan memegang komitmen," ucapnya.

(mrp/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com