Minta Evaluasi Amdal Stadion Andi Mattalatta, Walkot: Terkait Dua Izin

Ibnu Munsir - Sepakbola
Selasa, 02 Mar 2021 17:25 WIB
Walikota Makassar, M Ramadhan Pomanto, meminta izin pembangunan Stadion Andi Mattalatta dievaluasi.
Walikota Makassar, M Ramadhan Pomanto, meminta izin pembangunan Stadion Andi Mattalatta dievaluasi. (Foto: detikcom/Ibnu Munsir)
Makassar -

Wali Kota Makassar, Moh Ramadhan Pomanto, meminta agar izin analisa dampak lingkungan (Amdal) lalu lintas (Lalin) Stadion Andi Mattalatta dievaluasi.

Alasannya, pembangunan Stadion Mattoaging Makassar belum memiliki izin peruntukan hingga IMB.

"Amdal (analisa dampak lingkungan) bukan salah satu persyaratan membangun (Stadion) tetapi harus ada namanya, Advice Planning (AP), izin peruntukan tepat atau tidak itu belum ada apalagi IMB," kata Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, dikonfirmasi di Gedung DPRD Kota Makassar, Selasa (2/3/2021).

Danny menjelaskan evaluasi Amdal dilakukan lantaran tata ruang dan pembangunan Stadion harusnya dilakukan di Kawasan Barombong. Keluarnya Amdal juga disebut tak benar.

"Alasannya itu tata ruang itu Stadion itu berada di Barombong ya, Amdal itu tidak mungkinlah saya itu tau Amdal Lalin, kalau soal itu siapapun yang bikin amdal itu dan mengatakan amdal itu benar sini berdebat sama saya, saya tahu ini barang, ini tidak sesuai dengan kondisi, ini teman-teman di Unhas sampaikan komplainnya sama saya, jadi saya bilang tunggu saja, jadi bukan hanya macet tapi ini macet sekali," jelasnya.

Sementara itu, terpisah dihubungi via sambungan telepon, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Sulsel Andi Arwin Azis tak mau bicara banyak soal Stadion Mattoanging.

Ia juga tak mau berkomentar terkait evaluasi amdal lalin, hanya saja ia menyebut amdal Stadion Andi Mattalatta sudah terbit dan telah ditanda tangani.

"No comment, untuk apa berbalas polemik, tidak mengomentari terkait itu. Tapi sudah didokumen dan tanda tanda tangani, sudah terbit (amdal)," singkatnya.

Sebelumnya, Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, sudah mulai dibangun. Kandang PSM Makassar ini dianggarkan dengan dana Rp 1,1 triliun.

Kepala Dinas Pemuda dan olaraga Provinsi Sulsel, Andi Arwin Azis, mengatakan anggaran sebesar itu diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai dengan target selesai pada 2022. Stadionnya direncanakan bertaraf internasional.

"Alokasi anggaran tersedia di APBD 2021 hingga 2022 sebesar Rp 1,1 triliun, dan manajemen konstruksi Rp 30 miliar. Sehingga ini dipastikan kegiatan pembangunan stadion Mattoanging berjalan sesuai kita harapkan bersama," kata Arwin, melalui keteranganya, Rabu (10/2/2021).

Arwin mengatakan untuk saat ini di proses pembangunan Stadion Andi Mattalatta sedang dalam lelang kontruksi pembangunan, setelah lelang ditetapkan pihaknya kemudian segera melakukan pembangunan awal.

"Untuk saat ini kami awali dengan lelang manajemen konstruksi, ini mungkin Jumat paling lambat Senin sudah tayang lelang ini setelah konstruksi sudah ada, sudah mulai bekerja, tugas pertama konstruksi adalah bagaimana mengawal proses lelang konstruksi nanti, kami tentunya berharap dengan adanya manajemen konstruksi ini mengawal nantinya itu bisa dipastikan pembangunan stadion Mattoanging ini berjalan sesuai ketentuan yang ada," jelasnya.



Simak Video "Kubangan di Stadion Andi Mattalatta Jadi Arena Bermain Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)