Adam Alis 'Reborn' di Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 08 Mar 2021 10:43 WIB
Adam Alis
Adam Alis 'Reborn' di Timnas Indonesia. Foto: Dok. PSSI

Dengan riwayat begitu, faktanya Adam Alis tetap menarik perhatian Shin Tae-yong yang memanggilnya ke Timnas Indonesia untuk jalani TC mulai 8 Februari lalu. Seolah membayar kepercayaan, eks East Riffa asal Bahrain itu membuktikan diri dalam dua uji coba terakhir Timnas Indonesia.

"Penampilan Adam memuaskan saya dan jika pemain lain bisa belajar dari penampilan Adam, pasti tim ini akan meningkat juga ke depannya," kata Shin Tae-yong buat saat memberikan keterangan pers seusai laga kontra Bali United.

Adam menjadi salah satu dari total 14 pemain senior (di atas 22 tahun) di skuad Timnas Indonesia kali ini. Meski dilabeli skuad proyeksi SEA Games, Timnas Indonesia ini juga dipersiapkan untuk sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Jadi, wajar kalau ada 14 pemain senior dalam skuad TC Timnas Indonesia kali ini. Adapun Pasukan Garuda masih punya tiga pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia. Pertama melawan Thailand, kedua melawan Vietnam, dan ketiga melawan Uni Emirat Arab. AFC sudah menetapkan tiga laga itu bakal digelar secara terpusat (sentralisasi) pada Juni mendatang.

Peluang Adam Alis untuk terus dipertahankan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia pun sangat terbuka setelah penampilan bagusnya di dua laga uji coba. Jika terus konsisten, bukan tidak mungkin Adam juga akan menjadi salah satu dari dua pemain senior yang dibawa ke SEA Games akhir tahun nanti.

"Di timnas ini memang ada beberapa pemain senior karena ada kuotanya juga untuk SEA Games. Jadi saya mau lihat kualitas pemain senior seperti apa," tutur Shin Tae-yong soal banyaknya pemain senior di Timnas Indonesia proyeksi SEA Games.

"Saya mau melihat juga siapa yang bisa dijadikan pemain inti untuk dipersiapkan pertandingan kualifikasi (Piala Dunia) bulan Juni," ucap pelatih asal Korea Selatan itu.


(krs/raw)