Piala Menpora 2021: Ini Hasil Medical Check Up Skuad PSS Sleman

Yudha Maulana - Sepakbola
Sabtu, 13 Mar 2021 20:46 WIB
Fabiano Beltrame, pemain PSS Sleman di tahun 2021.
Ilustrasi Fabiano-nya PSS Sleman, jelang Piala Menpora 2021. (Foto: Dok. PSS Sleman)
Bandung -

Jelang Piala Menpora 2021, PSS Sleman menjalani Medical Check Up (MCU). Bagaimana hasil skuad Super Elang Jawa?

Dokter Tim PSS Sleman Elwizan Aminuddin mengatakan, pemeriksaan dilakukan pada Kamis (11/3/2021) pagi berikut swab test antigen. Hasil MCU keluar sehari kemudian pada Jumat (12/3/2021) malam.

"Secara keseluruhan alhamdulillah hasilnya cukup baik dan cukup layak. Walaupun ada catatan tapi hal itu masih bisa ditoleransi, dan saya pastikan bahwa 27 pemain yang melakukan MCU kemarin layak dan siap untuk membela Tim PS Sleman," kata Dokter Tim PSS Sleman Elwizan Aminuddin dalam keterangannya di Bandung pada hari Sabtu (13/3/21).

Elwizan mengatakan, ada beberapa indikator yang digunakan petugas kesehatan untuk memeriksa Kim Kurniawan dan kawan-kawan jelang Piala Menpora 2021. Di antaranya pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter ortopedi untuk mendeteksi cedera, pemeriksaan EKG untuk memeriksa jantung saat pemain istirahat dan treadmill untuk memeriksa aktivitas jantung saat beraktivitas.

"Ditambah lagi, juga dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan urin untuk mendeteksi apakah ada penyakit bawaan dari dalam tubuhnya atau tidak. Dan yang terakhir adalah pemeriksaan audiometri dan spirometri, yaitu untuk nafas, telinganya, termasuk mata juga," kata Elwizan.

Walau demikian, ujarnya, tim dokter menemukan ada beberapa titik lemah. Misalnya pada bagian otot dari para pemain. Untuk menindaklanjuti temuan tersebut, tim dokter klub akan melakukan treatment khusus agar keadaan para pemain kembali normal.

"Dari hasil MCU kemarin kan kita bisa mendapatkan beberapa titik lemah, bukan mencari kelemahannya. Kita juga cari solusinya. Misalnya di otot kaki kanan yang lemah akan diberikan pelatihan khusus. Nanti saya akan berkolaborasi dengan Fisioterapi dan pelatih fisik," pungkasnya.

Sebelumnya, tim asuhan Dejan Antonic ini tiba di Bandung pada Rabu (10/3) lalu. Tim ini akan melakoni laga perdananya dalam fase grup Piala Menpora 2021 melawan Madura United pada 23 Maret di Stadion Si Jalak Harupat. Di dalam Grup C, PSS Sleman akan bersua Persik Kediri, Madura United dan Persebaya Surabaya.

(yum/krs)