PSSI Bantah Klaim Timnas Indonesia Ajak Bolivia Uji Coba

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 16 Mar 2021 13:20 WIB
Berakhir sudah laga uji coba Timnas Indonesia U-23 vs Tira Persikabo. Garuda Muda menang 2-0 lewat gol Kadek Agung dan Muhammad Rafli.
PSSI Bantah Klaim Timnas Indonesia Ajak Bolivia Uji Coba (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

PSSI membantah klaim Federasi Sepakbola Bolivia (FBF) yang mengaku mendapat ajakan beruji coba dengan Timnas Indonesia. PSSI tak pernah mengundang Bolivia bertanding.

Sebelumnya, FBF melalui rilis di laman mereka menyebut tengah mempertimbangkan ajakan uji coba melawan Timnas Indonesia. Katanya, Timnas Indonesia mau menghadapi Bolivia pada akhir Maret.

Bolivia mempertimbangkan itu karena kebetulan mereka batal mainkan dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertama kontra Peru pada 25 Maret dan Uruguay pada 30 Maret.

Tetapi, PSSI membantah klaim dari FBF. Tak pernah ada niatan atau mengajukan uji coba melawan Bolivia.

"Hoax itu, nggak ada info dan suratnya. Masak FIFA Match Day Maret," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

Tak masuk kalender FIFA menjadi alasan PSSI membantah klaim FBF. Dijelaskan Yunus Nusi, pertandingan uji coba resmi cuma bisa digelar pada jeda internasional atau FIFA Match Day.

"Medio FIFA Match Day sudah nggak mungkin, harusnya Maret akhir pada 18-26 Maret," ujarnya menjelaskan.

Sementara di laman FIFA, jeda internasional Maret 2021 jatuh pada 22-30 Maret. Jadi, klaim FBF sebenarnya masuk akal karena rencana laga Timnas Indonesia kontra Bolivia digelar akhir Maret yang artinya dalam masa jeda internasional.

Bolivia bukan negara pertama yang dikabarkan bakal beruji tanding dengan Timnas Indonesia. Sebelumnya juga ada kabar Pantai Gading dan Argentina yang bakal menjadi lawan uji coba Timnas Indonesia.

(aff/mrp)