Evaluasi dari Hari Pertama Piala Menpora 2021

Ari Purnomo - Sepakbola
Minggu, 21 Mar 2021 21:40 WIB
Akhmad Hadian Lukita, OC Piala Menpora 2021, memberikan evaluasi di hari pertama.
OC Piala Menpora 2021, Akhmad Hadian Lukita, memberi evaluasi hari pertama. (Foto: detikcom/Ari Purnomo)
Solo -

Hari pertama Piala Menpora 2021 yang diadakan di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (21/3/2021) dinilai sesuai dengan harapan. Apa evaluasinya?

Penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat juga sudah dilakukan oleh penyelenggara mulai dari awal hingga pertandingan digelar. Meski begitu, panitia masih mempunyai sejumlah catatan terkait penyelenggaraan ini.

Ketua Organizing (OC), Akhmad Hadian Lukita, menyampaikan dari hasil evaluasi banyak yang menilai sudah sesuai dengan yang diharapkan.

"Kami sudah mencoba beberapa protap sebelum pertandingan dimulai. Mulai dari kedatangan ada prosedur yang harus diswab dulu seluruh pemain pas sampai di hotel dan menjelang pertandingan," kata Lukita kepada wartawan di Stadion Manahan, Solo, Minggu (21/3/2021).

Lukita menambahkan, secara keseluruhan pertandingan Piala Menpora 2021 sudah berjalan tanpa ada hambatan. Meski begitu, dirinya tidak menampik jika memang masih ada catatan dalam penyelenggaraan ini.

"Event pasti ada kekurangan dan saat menerapkan protokol kesehatan perlu orang yang lebih banyak. Karena tidak bisa orang meninggalkan atau warawiri ke suatu tempat," ucapnya.

"Terutama flow harus dipantau betul, tamu harus sesuai dengan apa yang diundang, karena tidak semua tamu boleh masuk," kata Lukita melanjutkan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua OC Sudjarno menyampaikan, hasil evaluasi dari penyelenggaran Piala Menpora 2021 di Solo ini bisa dijadikan acuan untuk gelaran di Kota lainnya.

"Pertandingan pertama juga berjalan lancar. Prokes sudah kita terapkan sudah sesuai," kata Sudjarno.

"Artinya yang kita lakukan sudah sesuai dengan yang kita susun prokesnya," tuturnya.

Termasuk, sambung Sudjarno, pihaknya belajar dari uji coba timnas di Stadion Madya itu juga sudah terapkan.

"Nanti habis ini saya dengan pak Dirut ke Malang, lalu ke Bandung, Sleman dan ke Solo lagi. Menjaga agar turnamen Piala Menpora ini berjalan lancar sebagai bekal kita bisa mendapatkan izin kompetisi liga satu yang sebenarnya," katanya.



Simak Video "Gairah Pencinta Sepak Bola saat Piala Menpora Digelar di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)