Bisikan Aji Santoso yang Buat 10 Pemain Persebaya Kandaskan Persik

Yudha Maulana - Sepakbola
Rabu, 24 Mar 2021 00:05 WIB
Pesepak bola Persebaya Surabaya Supriadi (kedua kiri) berebut bola dengan pesepak bola Persik Kediri pada pertandingan Piala Menpora di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (23/3/2021). Persebaya Surabaya menang atas Persik Kediri 2-1. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Persebaya Surabaya mengalahkan Persik Kediri meski bermain dengan 10 pemain. (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Bandung -

Meski bermain dengan 10 orang sejak babak I, Persebaya Surabaya tetap mengalahkan Persik Kediri 2-1. Pelatih Persebaya Aji Santoso memompa semangat pemainnya.

Kemenangan itu diraih Persebaya saat menghadapi Persik di Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (23/3/2021). Bajul Ijo comeback berkat sepasang gol Samsul Arif usai tertinggal lebih dulu karena dibobol Andri Ibo lewat titik putih.

Pelatih Persebaya Aji Santoso memiliki pesan khusus kepada para penggawanya agar bisa keluar dari situasi sulit. Menyusul kartu merah yang diterima Rizky Ridho saat pertandingan baru bergulir 35 menit.

"Saya sampaikan ke pemain jangan terlalu nervous meski kita kalah orang, setelah babak pertama masuk ruang ganti saya memberi instruksi kepada pemain untuk tenang dan bermain dengan ciri Persebaya 1 - 2 sentuhan bola bawa, terbukti di babak kedua dengan 10 pemain kami justru menguasai jalannya pertandingan," ujar Aji dalam preskon virtual usai laga.

Aji pun mengubah formasi dari 4-2-3-1 menjadi 4-4-1 dengan menjadikan Samsul Arif sebagai ujung tombak. Ia pun merotasi pemain yang kelelahan dengan memasukkan pemain yang lebih kuat mengontrol bola seperti Rendi Irwan, Ricky Kambuaya dan Akbar Firmansyah.

"Dengan masuknya tiga pemain ini, kami lebih tajam, terbukti pemain kami bisa masuk ke penalty box dan keduanya mendapatkan penalti seperti itu," ujar Aji.

Aji mensyukuri hasil pertandingan ini, menurutnya laga perdana Persebaya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan meski hanya bertarung 10 orang. "Biasanya pertandingan-pertandingan pertama itu cukup sulit tapi alhamdulillah pemain Persebaya tadi meski main dengan 10 orang di babak pertama, tapi alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan," kata Aji.

Dengan hasil ini, Persebaya dan Madura United sama-sama mengantongi tiga poin dalam tabel klasemen grup C. Sebelumnya, pada match day hari pertama, Madura United juga unggul 2-1 atas PSS Sleman.



Simak Video "Gairah Pencinta Sepak Bola saat Piala Menpora Digelar di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/rin)