ADVERTISEMENT

Piala Menpora 2021: Buang-buang Peluang, Persita pun Tumbang

Jauh Hari Wawan S - Sepakbola
Rabu, 24 Mar 2021 23:30 WIB
Pesepak bola Persita Tangerang Kito Chandra (kedua kanan) mencoba menerobos pertahanan tim Persiraja Banda Aceh saat pertandingan Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (24/3/2021). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/aww.
Persita kalah dari Persiraja di Piala Menpora 2021. Foto: Antara Foto/Andreas Fitri Atmoko
Sleman -

Persita Tangerang takluk 1-3 dari Persiraja Banda Aceh di Piala Menpora 2021. Pelatih Widodo C Putro menyayangkan banyaknya peluang yang dibuang oleh skuad asuhannya.

Di Stadion Maguwoharjo, Rabu (24/3/2021), tiga gol Persiraja diborong oleh Assanur Rijal di babak pertama. Persita hanya bisa membalas satu gol lewat Waskito Chandra di babak kedua.

"Kami memang ada beberapa peluang yang tidak bisa dikonversi menjadi gol, ini jadi evaluasi kami," kata Widodo dalam jumpa pers usai laga.

"Nanti ada evaluasi, beberapa peluang tidak bisa gol itu dari kerja sama tim tapi tidak gol, dan tentunya penguasaan bola mengusai, ke depan kecepatan harus bertambah untuk meninggalkan pertahanan lawan," jelas eks striker Timnas Indonesia itu.

Selain kegagalan menuntaskan peluang, hal lain yang jadi evaluasi Widodo adalah lemahnya antisipasi Persita saat menghadapi umpan silang. Tiga gol Assanur semuanya berawal dari skema crossing.

Pelatih Persita, Widodo Cahyono Putro.Pelatih Persita, Widodo Cahyono Putro. Foto: Dok. Persita Tangerang

Menurutnya, para barisan belakang Persita kurang bisa menerapkan man to man marking kepada lawan di sepertiga lapangan.

"Tadi (kami) kecolongan corner (kick). Ini evaluasi kami. Saya kira bukan golnya, tapi sumbernya, kenapa mereka bisa crossing kita ke tengah. Dalam defense, harus man to man (marking), tidak zonal marking lagi," jelas Widodo.

Kendati demikian, ia mengaku cukup puas dengan permainan skuad muda Persita. "Kami juga ada beberapa pemain muda yang kita mainkan dan prospek (bagus) untuk ke depan," ucapnya.

Usai laga ini, Persita bakal menghadapi laga berat melawan Persib Bandung. Widodo pun akan fokus pada pembenahan taktik saat bertahan.

"Semua ini tetap harus evaluasi semua, kesiapan tim, kesiapan individu, tentunya di dalam tactical compact defense," pungkas Widodo.

(adp/adp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT