Piala Menpora 2021: Video Chant Provokatif yang Viral Dipastikan Hoax

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 25 Mar 2021 13:00 WIB
Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita
Ketua OC Piala Menpora, Akhmad Hadian Lukita (Ari Purnomo/detikcom)
Jakarta -

Panitia Pelaksana (OC) Piala Menpora 2021 dan Indosiar memastikan video dengan chant provokatif yang viral adalah hoax. Suporter diharapkan tetap bersikap tenang.

Beberapa cuplikan video diketahui berisikan materi chant provokatif dalam pertandingan Persib Bandung kontra Bali United, Rabu (24/3/2021). Dugaan awalnya, pihak broadcaster yang dalam hal ini adalah Indosiar, kecolongan memasukkan backsound lagu provokatif ke pertandingan.

Setelah ditelusuri, video viral tersebut terbukti hoax alias editan untuk menyulut konflik antar-suporter. Pihak OC dan Indosiar juga buru-buru mengklarifikasi hal tersebut sebelum berkembang semakin liar.

Banner Piala Menpora 2021

"Kami menghubungi tim produksi dan mengamati detail yang terjadi pada saat siaran dilakukan. Kami juga membandingkan video yang ada dengan fakta yang sebenarnya selama proses siaran berlangsung," kata Ketua OC Piala Menpora Akhmad Hadian Lukita dalam rilisnya.

"Video dan audio pada saat siaran langsung terbilang clear. Tidak ada indikasi yang melecehkan kelompok lain atau rasis. Kami pastikan, cuplikan video yang beredar ke publik tersebut adalah hasil editan," ujarnya menjelaskan.

"Kami mengimbau kepada seluruh netizen, pecinta sepakbola nasional, dan penonton yang di rumah. Mari kita saling menghargai dan menjaga kelangsungan Piala Menpora 2021. Jangan bikin gaduh, walau di dunia maya. Mohon dipahami dan sama-sama berkomitmen. Bagaimana pun, sepak bola telah menyatukan kita semua," ucapnya lagi.

Pihak Indosiar malah lebih cepat bereaksi dengan beredarnya video viral itu. Mereka memberi bukti rekaman video pertandingan di momen yang sama dengan video yang beredar.

Hasilnya, suara backsound suporter pada sekitar menit ke-24 pertandingan, memang tak ada nyanyian provokatif yang ditayangkan Indosiar. Bisa disimpulkan, video yang beredar adalah hoax.

"Hati-hati beredar video HOAX pertandingan #PialaMenpora yang memprovokasi suporter Indonesia. Nih cek dulu video aslinya yaa," tulis Indosiar di Twitter.



Dalam video pertandingan penuh yang ditelusuri detiksport juga menunjukkan bahwa video yang beredar adalah hoax. Ternyata video hoax tersebut bersumber dari layanan streaming ilegal yang banyak beredar di media sosial.

(aff/krs)