Jika Mendapat Izin, Shopee Liga 1 Digelar Awal Juli

Ari Purnomo - Sepakbola
Jumat, 26 Mar 2021 11:20 WIB
Direktur Operasional PT LIB Sudjarno saat berbincang dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita di kompleks Stadion Manahan, Solo, Kamis (25/3) (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Direktur Operasional PT LIB Sudjarno saat berbincang dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Dirut PT LIB Akhmad Hadian Lukita (Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Jika Piala Menpora 2021 lancar, maka ada peluang Shopee Liga 1 dan 2 bisa main tahun ini. Kalau terwujud, bisa digelar awal Juli mendatang.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan respons positif usai meninjau langsung penyelenggaraan Piala Menpora di Stadion Manahan, Kamis (25/3/2021). Kapolri juga mengapresiasi terkait dengan lancarnya penyelenggaraan dan sudah sesuai dengan yang diharapkan.

Hal ini bisa menjadi peluang untuk dikeluarkannya izin penyelenggaraan kompetisi Shopee Liga 1 dan 2.

Jika nantinya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara mendapatkan izin, maka kompetisi untuk Shoppe Liga 1 dan 2 akan dimulai awal Juli.

"Perkiraan awal Juli karena ada proses bulan puasa, kemudian lebaran," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno saat ditemui di kompleks Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah (Jateng), Kamis (25/3/2021).

Jeda waktu tersebut digunakan untuk berbagai persiapan tim hingga pengurusan administrasi yang dibutuhkan.

"Kita tahu klub mempersiapkan minimal dua bulan untuk bisa kontrak pemain, cari pemain, persyaratan administrasi, dan sebagainya minimal dua bulan," sambungnya.

Dengan berbagai persiapan tersebut, Sudjarno memperkirakan, kompetisi sudah bisa dimulai pada awal Juli.

"Oleh karena itu, ancer-ancer kita nanti awal Juli. Kita ingin secepatnya mengajukan izin persyaratan yang ingin kita lengkapi," ucapnya.

Mengenai musim kompetisi untuk Shopee Liga 1 dan 2 akan berjalan di tahun berbeda yakni 2021 hingga 2022.

"Nanti musim kompetisinya adalah 2021-2022. Kalau liga dua nanti tetap di tahun yang sama," tuturnya.

"Tapi bagusnya, kalau dengan waktu seperti sekarang langsung ada kompetisi nanti ada promosi dan degradasi seperti itu sudah ok banget Itu harapan kita," sambungnya.

Disinggung mengenai pra musim untuk Liga 2, Sudjarno mengatakan, akan dikaji terlebih dahulu. Apakah dengan sisa waktu ini mencukupi untuk diadakannya pra musim atau tidak.

"Pra musim untuk Liga 2, kita lihat dulu kita kaji apakah waktunya mencukupi seperti itu, itu yang akan kita kaji dulu," tutupnya.

(aff/cas)