Hasil Piala Menpora: PSM Makassar Vs Bhayangkara FC Tuntas 1-1

Muhammad Aminudin - Sepakbola
Sabtu, 27 Mar 2021 17:25 WIB
Pesepak bola Bhayangkara Solo FC  Renan Da Silva (kiri) melewati hadangan pesepak bola PSM Makassar Yakob Sayuri (kanan) dalam pertandingan Piala Menpora Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (27/3/2021). PSM Makassar menahan imbang Bhayangkara Solo FC dengan skor akhir 1-1. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/hp.
Bhayangkara FC gagal mengalahkan PSM. Foto: ARI BOWO SUCIPTO/ARI BOWO SUCIPTO
Malang -

Tak ada pemenang di matchday kedua Grup B Piala Menpora 2021 antara PSM Makassar vs Bhayangkara Solo FC. Kedua tim harus puas bermain imbang 1-1.

Di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (27/3/2021), Bhayangkara sempat unggul lebih dulu di menit ke-8 lewat sontekan Arthur Bonai. Namun PSM memastikan raihan satu poin lewat gol Yakob Sayuri di menit ke-49.

Hasil ini membuat kedua tim sudah sama-sama mengumpulkan 4 poin dari dua laga, namun PSM ada di puncak klasemen berkat keunggulan selisih gol, disusul Bhayangkara FC di urutan kedua.

Jalannya pertandingan

Bhayangkara FC sudah membuka keunggulan di menit ke-8. Dalam situasi tendangan bebas, bola sepakan Renan Silva sampai di kaki Sani Rizki yang mengumpan kepada Arthur Bonai.

Bebas tak terkawal, Arthur menceploskan bola ke gawang PSM yang kosong, mengubah skor menjadi 1-0 untuk Bhayangkara FC.



Keunggulan Bhayangakara FC hampir bertambah di menit ke-17, Andik Vermansah dilanggar oleh Rasyid Bakri. Tendangan bebas diambil lagi oleh Renan Silva. Bola melaju sampai di kaki Sani Rizki di kotak penalti, namun tendangannya masih jauh dari sasaran.

Bhayangkara FC terus menekan. Serangan balik yang dilakukan Andik di menit ke-27 diakhiri dengan sepakan keras oleh pemain 29 tahun itu, tapi kiper PSM Hilman Syah sukses menepisnya. Tiga menit berselang, peluang emas Renan terbuang percuma usai sepakannya melambung.

Serangan Bhayangkara FC berlanjut. Menit ke-36, Sani Rizki punya kans mencetak gol di kotak penalti PSM, namun sundulannya berhasiil ditangkap Hilman.

Banyak diserang dan kesulitan menembus pertahanan Bhayangkara FC, PSM nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-45. Abdul Rachman melepaskan tembakan jarak jauh, tapi masih membentur tiang gawang.

Skor 1-0 untuk Bhayangkara FC bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, PSM berusaha bangkit. Juku Eja memasukkan Aji Kurniawan di babak kedua. Hasilnya langsung terasa di menit ke-49.

Hasyim Kipuw memberikan umpan terobosan kepada Aji di kotak penalti Bhayangkara FC. Pemain 20 tahun itu kemudian memberikan crossing mendatar yang dituntaskan Yakob Sayuri menjadi gol dengan sepakannya. Skor menjadi sama kuat, 1-1.



Satu gol tadi membuat PSM bersemangat. Rasyid Bakri punya kans membalikkan keadaan di menit ke-54, namun sepakan jarak jauhnya melambung di atas gawang Awan Setho.

Bhayangkara FC tak mau tertekan. Di menit ke-70, pemain pengganti Adam Alis dengan cerdik memberikan through pass kepada Andik di kotak penalti PSM, yang kemudian langsung menembak bola ke arah gawang, tapi Hilman Syah keluar dari sarangnya dan memblok bola.

Di menit ke-80, giliran Dendy Sulistyawan mencoba menjebol gawang PSM lewat tembakan di sisi kiri kotak penalti, namun akurasinya buruk dan tak mengarah ke gawang. Di menit ke-86, sundulan Dendy lagi-lagi melebar.

Hingga peluit panjang, skor tetap tak berubah dan berakhir sama kuat, 1-1.

Starting line-up

PSM Makassar: Hilman Syah, Zulkifli, Erwin Gutawa, Hasyim Kipuw, Abdul Rachman, M Rizky, Rasyid, Sutanto, Zulham, Ronaldo Wanma, Yakob Sayuri

Bhayangkara Solo FC: Awan Setho, Sani Rizki, Hansamu, Jajang, Ruben, TM Ichsan, Arthur, Evan Dimas, Renan Silva, Wahyu Subo, Andik.

(adp/pur)