Piala Menpora 2021: Persib Waspadai Darah Muda Persebaya

Jauh Hari Wawan S - Sepakbola
Sabtu, 10 Apr 2021 17:00 WIB
Robert Rene Alberts
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mewaspadai darah muda Persebaya. (Foto: dok Persib Bandung)
Sleman -

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts darah-darah muda Persebaya Surabaya di Piala Menpora 2021. Bajul Ijo sudah menunjukkan potensinya.

Laga perempatfinal Piala Menpora 2021 yang mementaskan Persib vs Persebaya akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, Minggu (11/4/2021) malam.

Pangeran Biru berhasil melaju ke fase gugur setelah menjadi juara Grup D pada babak penyisihan. Persib lolos setelah menang dua kali dan imbang sekali.

"(Persebaya dengan materi pemain lokal) ini bukan keuntungan bagi Persib. Semua tim yang bermain di turnamen ini dengan menggunakan pemain lokal sudah membuktikan apa yang mereka bisa," kata Robert dalam pre match conference secara daring, Sabtu (10/4/2021).

Robert melihat, fighting spirit dan kualitas pemain lokal di Persebaya sangat baik. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh PSM Makassar yang juga dihuni pemain lokal.

"Turnamen ini tidak sama untuk semua tim, beberapa ada yang diperkuat pemain lokal sedangkan yang lainnya merupakan kombinasi. Hal yang sangat bagus ketika melihat Persebaya dan PSM bermain dengan semangat dan kebanggaan yang mereka miliki. Mereka (pemain lokal) bermain dengan menunjukkan kualitasnya," sebutnya.

Saat ini, skuad Persebaya dihuni banyak pemain muda berkualitas. Dengan sentuhan, Aji Santoso sebagai juru taktik, membuat Robert semakin waspada. Apalagi, Aji pernah mengalahkannya Robert masih membesut PSM. Sementara Aji masih melatih Persela.

"Persebaya main dengan semangat yang tinggi sekaligus ingin menunjukkan mereka punya kualitas sebagai pemain lokal. Banyak pemainnya yang bermain di level internasional, mereka punya talenta besar dan pelatih yang juga sangat bagus," kata dia.

Kendati demikian, ia menegaskan Persib akan berupaya menyudahi laga tak sampai adu penalti dengan Persebaya.

"Kami di sini bermain untuk menang dan melanjutkan babak selanjutnya. Walaupun baru menjalani perjalanan darat selama 10 jam tapi kami harap tidak jadi masalah," ucap pria asal Belanda itu.

Robert juga mulai mengantisipasi jika nanti laga selama 90 menit berakhir imbang dan berlanjut ke penalty. Walaupun ia tidak ingin kemenangan ditentukan dengan adu tos-tosan.

"Tidak ada tim yang mau hingga pinalty," ucapnya.

Selain itu, Robert menilai tidak semua pemain Persib bisa tampil penuh selama 90 menit. Hal itu dirasakan sebagai hal normal mengingat timnya masih dalam fase persiapan menuju Liga 1 2021.

"Kami akan tetap menerapkan skema rotasi pemain. Sebab, beberapa pemain belum siap menjalani laga dengan durasi 90 menit. Mereka tidak bisa bermain dengan babak tambahan. Jadi kami perlu merencanakan semuanya dengan hati-hati," kata Robert.



Simak Video "Waduh! Markas Persib Diserbu Oknum Suporter"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)