Hasil Semifinal Piala Menpora: PSM Vs Persija Tuntas Tanpa Gol

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 15 Apr 2021 22:32 WIB
Pesepak bola Persija Jakarta Marco Simic (tengah) berebut bola di udara dengan pesepak bola PSM Makassar Erwin Gutawa (dua kanan) saat pertandingan semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis (15/4/2021). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/rwa.
Leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 antara PSM vs Persija tuntas 0-0 (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)
Sleman -

Leg pertama semifinal Piala Menpora 2021 sudah selesai. Duel PSM Makassar vs Persija Jakarta tuntas 0-0.

Pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (15/4/2021) malam WIB, sedari menit awal sudah berjalan keras. Belum 25 menit, wasit sudah mengeluarkan enam kartu kuning, tiga untuk PSM dan tiga untuk Persija.

PSM yang bertindak sebagai tuan rumah bermain agresif dengan selalu menekan pemain Persija saat menguasai bola. Terutama Marko Simic yang tak diberi ruang gerak, di manapun berada.

PSM membuat peluang pertamanya di menit ke-27 lewat sepakan Alsan Sandy, tapi Andritany dengan sigap mampu menepisnya. PSM terus menyerbu Persija untuk menciptakan kans.

Persija harus berjibaku mengamankan gawangnya saat PSM melakukan serangan cepat di menit ke-37. Diawali sontekan di depan gawang yang bisa disapu Andritany, bola mengarah ke M Arfan yang melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Andritany kembali mampu membendungnya dan bola disapu oleh Otavio Dutra. Persija mengancam di menit ke-40 lewat Osvaldo Haay tapi Hilmansyah bisa mengamankannya.

Hingga turun minum, skor 0-0 tetap bertahan.

Persija langsung mengambil inisiatif serangan sejak babak kedua dimulai dan membuat kerepotan Zulkifli Syukur dkk. kerepotan. Pada menit ke-60, PSM coba mengancam lewat sepakan Arfan dari luar kotak penalti, tapi Dutra bisa mengadangnya.

Semenit kemudian gantian Persija yang memiliki kans emas untuk bikin gol. Simic menyepak bola di kotak penalti ke gawang yang kosong dan gol tinggal menunggu waktu, sebelum disapu Zulkifli tepat di garis.

Persija yang sudah memasukkan Riko Simanjuntak di awal babak kedua memang lebih mendominasi, meski belum membuahkan hasil.

Sementara PSM sesekali mampu mengancam, salah satunya di menit ke-68 ketika Saldy merebut bola dari Klok dan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Andritany dengan sigap mengamankannya.

Persija lewat Riko dan Novri Setiawan di sisi kanan selalu mencecar pertahanan PSM. Tapi, Juku Eja bermain disiplin dan tak terpancing untuk melakukan serangan.

Abdul Rahman dan Zulkifli ajeg di sisi sayap PSM sehingga menyulitkan Persija. Tim tamu harus kehilangan Marco Motta pada menit ke-85 usai menerima kartu kuning kedua.

Tak ada gol hingga 90 menit laga tuntas dan Persija Jakarta gantian menjamu PSM Makassar di Stadion Manahan, Solo, 18 April.

Susunan pemain

PSM Makassar: 97-Hilmasyah; 5-Erwin Gutawa, 15-Hasyim Kipuw, 3-Zulkifli Syukur, 25-Abdul Rahman, 48-Arfan, 24-M Rizky, 17-Rasyid Bakrie, 99-Saldy, 8-Sutanto Tan, 22-Yacob Sayuri.

Persija Jakarta: 26-Andritany Ardhiyasa; 47-Marco Motta, 5-Otavio Dutra, 4-Yan Motta, 10-Marc Klok, 11-Novri Setiawan, 46-Osvaldo Haay, 7-Ramdani Lestaluhu, 32-Rohit Chand, 94-Heri Siswanto, 9-Marko Simic

(mrp/ran)