Jokowi Apresiasi Penerapan Protokol Kesehatan di Piala Menpora 2021

Erika Dyah Fitriani - Sepakbola
Jumat, 16 Apr 2021 14:36 WIB
Kemenpora
Foto: Dok. Kemenpora
Jakarta -

Presiden Joko Widodo mengapresiasi penerapan regulasi dan protokol kesehatan yang ketat pada ajang pramusim Piala Menpora 2021. Bahkan, Jokowi mengaku puas dengan ajang yang sudah memasuki babak empat besar itu.

Pernyataan Jokowi tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali usai keduanya bertemu di Istana Negara pada Rabu (15/4). Amali mengatakan Presiden Jokowi juga turut memantau jalannya Piala Menpora lewat televisi.

"Pak Presiden menyaksikan, menonton pertandingan-pertandingan itu (Piala Menpora). Karena pada saat saya melaporkan kan beliau menyampaikan, 'Ya saya lihat juga di TV pertandingan'," kata Amali dalam keterangan tertulis, Jumat (16/4/2021).

Menurutnya, Jokowi sangat senang dan memberikan apresiasi kepada masyarakat serta para pecinta bola karena telah mematuhi aturan protokol kesehatan dengan menonton dari rumah, tidak mendatangi stadion, dan tidak nonton bareng.

"Beliau memantau juga, bahkan nonton di TV. Beliau mengapresiasi bagaimana penggemar, pecinta club, dan suporter sangat patuh terhadap imbauan tidak datang berkerumun ke stadion, tidak nonton bareng dan lain sebagainya," jelasnya.

Melihat suksesnya Piala Menpora, lanjut Amali, Jokowi pun memberi arahan kepadanya untuk mengkaji dan menganalisis terkait kemungkinan penonton terbatas pada pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 setelah Lebaran nanti.

"Bapak Presiden meminta kita untuk membuat kajian, analisa. Beliau menyampaikan pada saya coba deh dikaji dan kita akan lihat juga percepatan dari vaksinasi ini. Tentu kita kan hitung betul itu dan beliau memberi arahan pada saya untuk berkomunikasi dengan penyelenggara dalam hal ini PSSI dan LIB," ungkap Amali.

Kendati telah mendapat arahan dari Presiden Jokowi, Amali mengatakan pihaknya memastikan tidak akan gegabah dalam mengeluarkan keputusan terkait kemungkinan penonton terbatas sehingga Kepolisian memberikan izin keramaian seperti pada Piala Menpora.

"Bapak presiden sudah membuka peluang itu sudah menyampaikan kepada saya untuk mengkaji. Jadi mengkaji bukan mengizinkan coba dikaji Menpora kira-kira seperti apa tentu saya harus berkomunikasi dengan penyelenggara keamanan untuk hal tersebut," katanya.

Amali pun menekankan selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, semua pemain dan pihak yang terlibat di Piala Menpora telah menjalani vaksinasi. Hal itu ia sebut sebagai langkah awal untuk persiapan kompetisi.

Selain itu, Amali mengatakan belum tahu apakah Presiden akan menyempatkan diri nonton final Piala Menpora 2021. Namun ia memastikan Jokowi mendukung pulihnya kegiatan olahraga di Tanah Air.

"Saya belum dapat konfirmasi apakah beliau hadir di lapangan atau tidak karena kita harus maklum kesibukan beliau sangat banyak. Kalau beliau akan datang akan kita siapkan," pungkasnya.



Simak Video "Menpora Geram! BWF Diskriminatif, Harus Direformasi"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)