Hasil Semifinal Piala Menpora: Taklukkan PSS, Persib Tembus Final

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 19 Apr 2021 22:39 WIB
Pemain Persib Bandung Frets Listanto Butuan (kiri) berusaha melewati hadangan dua pemain PSS Sleman Fabiano Rosa Beltrame (kedua kiri) dan Muhammad Bagus Nirwanto (kedua kanan) pada Pertandingan Semifinal Leg ke-2 Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/4/2021). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/foc.
Persib Bandung lolos ke semifinal Piala Menpora 2021 usai singkirkan PS Sleman (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)
Solo -

Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta di final Piala Menpora 2021. Ini setelah Maung Bandung bermain imbang 1-1 kontra PS Sleman.

Pada laga leg kedua semifinal Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, Senin (19/4/2021) malam WIB itu, kedua tim baru bisa mencetak gol di babak kedua. PSS sempat unggul lewat Saddam Gaffar di menit ke-72.

Tapi, Ezra Walian menyaman skor di menit ke-83 sekaligus meloloskan Persib dengan agregat total 3-2. Pada leg pertama Persib menang 2-1 dan akan bertemu Persija di final. Leg pertama dihelat 22 April dan leg kedua dihelat 25 April.


Jalannya pertandingan

Duel berlangsung dengan sengit sejak menit awal. Persib mendapat peluang pertama di menit ketiga lewat Frets Butuan tapi bola sepakannya masih melambung di atas mistar Ega Rizky.

Dua menit berselang Ezra Walian yang bikin kans dari luar kotak penalti, tapi bola tembakannya belum menemui sasaran. PSS berupaya menyerang pertahanan Persib tapi beberapa kali gagal karena ketatnya pertahanan Persib.

PSS mencoba melepaskan peluang lewat sepakan dari luar kotak penalti, tapi sayangnya tidak berujung gol. Persib malah nyaris menjebol gawang PSS pada menit ke-43 ketika Wander Luiz menanduk bola dari sepakan bebas, tapi belum bisa menundukkan Ega Rizky.

Memasuki menit ke-45, Ega Rizky harus meninggalkan mistar gawang PSS akibat cedera dan digantikan Miswa Saputra. Febri Hariyadi mendapatkan tendangan bebas di masa injury time, meski bola sepakannya bisa diamankan Miswar.

Skor kacamata mengirim kedua tim masuk ke ruang ganti.

Masuk di babak kedua, Persib masih mendominasi pertandingan dan beberapa kali merepotkan pertahanan PSS. Tapi, mereka harus kehilangan Dedi Kusnandar di awal babak ini karena tiba-tiba terjatuh dan langsung digantikan Farshad Noor.

Persib mendapat peluang di menit ke-60 saat Frets Butuan mendapat terobosan dari Beckham Putra, tapi bola tendangannya bisa ditepis Miswar dan membentur tiang, sebelum berujung korner.

PSS mendapat pukulan dalam upayanya mencetak gol, ketika harus kehilangan Fabiano Beltrame diusir keluar lapangan karena kartu kuning kedua di menit ke-63. Fabiano melanggar keras Wander Luiz dalam perebutan bola.

Empat menit kemudian Persib mendapat kans lagi untuk bikin gol. Kali ini dari Febri Hariyadi yang mendapat ruang tembakan di sisi kanan kotak penalti. Dia menembak kencang ke pojok tapi Miswar mampu menepisnya dengan satu tangan.

PSS malah mampu menjebol gawang Persib lewat Saddam Gaffar di menit ke-72 sekaligus membuat agregat 2-2. Syamsul Arifin melepaskan umpan silang dari sisi kiri dan Saddam menyambutnya dengan tendangan voli kaki kiri, yang tak kuasa dihalau I Made Wirawan.

Persib mampu menyamakan skor 1-1 di menit ke-83 usai Ezra Walian menjebol gawang Miswar Saputra, lewat sundulan mematikan meneruskan umpan Ardi Idrus dari sisi kiri. Persib kini unggul agregat 3-2.

PSS kemudian makin bernafsu mengejar ketertinggalan dan mereka menyerbu pertahanan Persib. Sementara itu, Persib lebih banyak bertahan mempertahankan keunggulan.

Ada satu peluang berbahaya dibuat PSS di masa injury time lewat Irfan Jaya. Mendapat bola di kotak penalti, sepakan Irfan Jaya masih melayang di atas mistar. Skor 1-1 bertahan hingga laga PSS Vs Persib selesai.

Susunan pemain

PS Sleman: 21-Ega Rizky, 3-Bagus Nirwanto, 15-Fabiano Beltrame, 51-Mario Maslac, 69-Derry Rachman, 23-Kim Kurniawan, 2-Aaron Evans, 10-Nico Velez, 8-Arthur Iriawan, 41-Irfan Jaya, 9-Saddam Gaffar

Persib Bandung: 78-Made Wirawan, 3-Ardi Idrus, 2-Nick Kuipers, 22-Supardi, 32-Victor Igbonefo, 7-Beckham Putra, 11-Dedi Kusnandar, 13-Febri Hariyadi, 30-Ezra Walian, 21-Frets Butuan, 9-Wander Luiz.

(mrp/raw)