PSSI Usulkan Soeratin Sosrosoegondo Jadi Pahlawan Nasional

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 20 Apr 2021 17:50 WIB
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan
PSSI Usulkan Soeratin Sosrosoegondo Jadi Pahlawan Nasional (dok PSSI)
Solo -

PSSI merayakan hari jadinya yang ke-91 di Solo, Senin (29/4/2021). Dalam kesempatan itu, PSSI mengusulkan Soeratin Sosrosoegondo menjadi pahlawan nasional.

Usul itu terlontar kala PSSI mengunjungi cagar budaya tugu patung Soeratin Sosrosoegondo di halaman Balai Persis Solo. Sebagaimana diketahui, Soeratin adalah tokoh penting di balik berdirinya PSSI.

Ia bersama 7 bond sepakat mendirikan PSSI (Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia) pada 9 April di Yogyakarta. Soeratin dianggap sebagai peletak dasar sepakbola Indonesia atas inisiatifnya mendirikan PSSI.

"Kalau PSSI jelas berkeinginan itu tapi perlu ada parameternya. Yang jelas ia adalah pendiri dan ketum PSSI pertama, itu jasanya luar biasa dan selalu diabadikan dalam piala-piala," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan soal pengusulan Soeratin menjadi pahlawan nasional.

Di PSSI, nama Soeratin memang sangat melegenda. Namanya pun diabadikan dalam turnamen usia dini bersama Piala Soeratin yang konsisten digelar setiap tahun untuk mencari bakat-bakat pemain muda.

Tanpa perjuangan Soeratin, mungkin tak akan ada kisah Hindia Belanda (kini Indonesia) menjadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Hindia Belanda menjadi peserta Piala Dunia 1938 di Prancis meski kiprahnya cuma bermain di satu laga.

Selain mengenang jasa Soeratin, PSSI juga mengunjungi Asrama Yatim Dhuafa Mizan Amanah Solo dan pada malam hari mengadakan doa bersama sekaligus memotong tumpeng di Stadion Manahan.

Kebetulan rombongan PSSI memang sedang berada di Solo di tengah-tengah penyelenggaraan Piala Menpora 2021. Turnamen pramusim itu kini sudah menyelesaikan babak semifinal.

"Kami bisa melihat bahwa Solo cikal bakal munculnya persepakbolaan Indonesia. Alhamdulillah, bertepatan pelaksanaan Piala Menpora 2021 yang sudah masuk babak semifinal terakhir untuk menentukan tim terakhir yang akan maju ke babak final," ucap Iriawan.

(aff/yna)