Final Piala Menpora 2021: Persija-Persib Dihantui Kelelahan

Jauh Hari Wawan S - Sepakbola
Rabu, 21 Apr 2021 19:00 WIB
Pesepak bola Persija Jakarta melakukan selebrasi usai mengalahkan Barito Putera dalam Babak Perempat Final Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Persija Jakarta melaju ke babak semifinal usai menang dengan skor akhir 1-0.  ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww.
Persija Jakarta dan Persib Bandung dibayangi kelelahan menatap final Piala Menpora 2021. (Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto)
Sleman -

Persija Jakarta dan Persib Bandung mempunyai waktu recovery yang singkat di Piala Menpora 2021. Kedua tim dihantui kelelahan menuju laga final.

Piala Menpora 2021 digelar dalam kurun waktu sekitar sebulan, 21 Maret sampai 25 April. Persija dan Persib menjalani 8 pertandingan dengan masa recovery sekitar 3 hari.

Sama seperti semifinal, babak puncak Piala Menpora 2021 juga digelar dua leg. Pertandingannya dihelat di venue yang berbeda.

Pertandingan leg I final Piala Menpora 2021 berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Kamis (22/4/2021) pukul 20.30 WIB. Sementara leg II final Piala Menpora 2021, Persib vs Persija, berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, tiga hari berselang.

Pelatih Persija, Sudirman, membeberkan kondisi fisik pemain Macan Kemayoran. Ia menyebut jadwal pertandingan yang sangat padat berpengaruh terhadap recovery pemain.

"Mau dikatakan mengganggu, (tapi) kami harus tetap melakukan, yang pasti rasa kelelahan itu ada karena kami tahu setelah pertandingan selalu pindah lagi ke kota yang berbeda itu juga mempengaruhi recovery pemain," kata pelatih Persija Jakarta, Sudirman dalam sesi prematch conference final Piala Menpora 2021 secara daring, Rabu (21/4/2021).

Selain itu, banyak pemain yang berpuasa juga menjadi salah satu kendala dalam pemulihan fisik pemain. Akan tetapi, kondisi ini menurutnya juga dirasakan oleh Persib.

"Tapi kedua tim melakukan hal yang sama. Kami puasa mereka juga puasa," ungkapnya.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts juga menyoroti proses pemulihan pemainnya. Menurutnya, tak mudah bagi pemain untuk memulihkan diri dengan jeda waktu singkat.

"Apalagi ini bulan Ramadhan, jadi tak mudah untuk pemulihan. Tetapi kami akan tetap memberikan yang terbaik untuk tim," kata pria asal Belanda itu.

Kendati demikian, Robert pun tidak ingin ambil pusing. Ia melihat semua pemain Maung Bandung siap tampil untuk laga big match di final Piala Menpora 2021.

"Saya rasa semua pemain ingin main, mereka menunjukkan persiapan mental, persiapan fisik yang mumpuni saat latihan, itu yang menentukan bagi saya untuk memilih siapa yang diturunkan di laga berikutnya," tegasnya.



Simak Video "Waduh! Markas Persib Diserbu Oknum Suporter"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)