Road to Final Piala Menpora 2021: Persija Jakarta

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 22 Apr 2021 08:45 WIB
Pesepak bola Persija Jakarta melakukan selebrasi usai mengalahkan Bhayangkara Solo FC dalam laga lanjutan Piala Menpora Grup B di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu (31/3/2021). Persija Jakarta melaju ke babak delapan besar setelah mengalahkan Bhayangkara Solo FC dengan skor akhir 2-1. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj.
Road to Final Piala Menpora 2021: Persija Jakarta. (Foto: AntaraAri Bowo Sucipto)
Jakarta -

Persija Jakarta akan bersua dengan Persib Bandung di final Piala Menpora 2021. Menuju partai final, Macan Kemayoran sebenarnya tak impresif-impresif amat.

Malahan Persija membuka pertandingan pertama Piala Menpora dengan kekalahan 0-2 dari PSM Makassar. Padahal, Persija lebih diunggulkan ketimbang PSM yang cuma diisi pemain-pemain lokal.

Untungnya kekalahan itu bisa ditebus dengan meraih kemenangan pada laga kedua dengan menumbangkan Borneo FC 4-0. Pada laga penentuan, Persija susah payah meraih kemenangan 2-1 saat jumpa Bhayangkara FC.

Banner Final Piala Menpora 2021

Berkat dua kemenangan, Persija pun meraih torehan enam poin. Sementara PSM malah melempem setelah mengalahkan Persija dengan cuma meraih dua poin tambahan karena dua kali meraih hasil imbang. Jadinya, Persija yang juara grup. PSM Runner-up Grup B.

Pada babak perempat final, Persija jumpa Barito Putera selaku runner-up Grup A. Tim asuhan Sudirman, cuma berhasil menang 1-0 via gol Marko Simic.

Uniknya, Persija kembali jumpa PSM dalam babak semifinal yang digelar dua leg. Persija mengusung misi balas dendam kepada PSM yang mengalahkan dalam perjumpaan di fase grup.

Tapi, misi itu tak berhasil diwujudkan. Persija dengan skuad yang lebih superior plus dukungan pemain asing gagal membobol gawang PSM.

Akhirnya penentuan pemenang pun harus dilalui melalui drama adu penalti. Secara dramatis Persija menang 4-3 setelah sempat tertinggal berkat kegemilangan Hilman Syah di bawah mistar gawang PSM.

Secara keseluruhan, permainan Persija dikritik. Sudirman dianggap tak mampu mengeluarkan kemampuan terbaik timnya yang diperkuat pemain-pemain top seperti Marc Klok, Marco Motta, Marko Simic, hingga Riko Simanjuntak.

Persija mencetak total tujuh gol dan kebobolan tiga gol. Sementara Persib sudah mencetak 12 gol dan kebobolan 7 gol. Persib juga belum kalah dari fase grup, sementara Persija sudah kalah sejak awal dari PSM.

Road to Final Piala Menpora 2021: Persija Jakarta

Fase Grup

Persija 0-2 PSM
Borneo 0-4 Persija
Persija 2-1 Bhayangkara

Penyisihan

Perempatfinal

Persija 1-0 Barito Putera

Semifinal

PSM 0-0 Persija
Persija 0-0 PSM (4-3 adu penalti)

(cas/mrp)