Persija Vs Persib: Final Impian Piala Menpora 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 22 Apr 2021 11:49 WIB
Persija Jakarta bermain imbang 1-1 dengan Persib Bandung di pekan ketujuh Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019). Sempat unggul lewat Marko Simic, Macan Kemayoran dibobol Artur Gevorkyan.
Persija vs Persib final impian di Piala Menpora 2021. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Persija Jakarta vs Persib Bandung menjadi sajian final Piala Menpora 2021. Perjumpaan keduanya dianggap sebagai final impian.

Pertandingan final Persija vs Persib digelar dua leg, 22 dan 25 April. Harapan menyaksikan laga puncak yang seru bisa terwujud dengan perjumpaan Persija dan Persib. Maklum keduanya dikenal punya rivalitas yang tinggi.

Selain sebagai ajang pramusim, Piala Menpora juga menjadi obat rindu para pecinta sepakbola nasional. Kebetulan, partai puncaknya mempertemukan dua klub besar yang bisa menarik perhatian banyak khalayak.

Banner Final Piala Menpora 2021

Secara permainan, Persib sebenarnya lebih ciamik ketimbang Persija. Persib sudah tampil meyakinkan sejak babak fase grup.

Maung Bandung mencatat empat kemenangan dan dua kali imbang. Mereka mencetak 12 gol yang menjadi bukti produktivitas tim asuhan Robert Rene Albert terbilang bagus.

Tapi, pertahanan mereka cukup keropos karena sudah kebobolan tujuh gol. Padahal, mereka punya duet Victor Igbonefo dan Nick Kuipers di jantung pertahanan tim.

Menariknya, Persija punya catatan yang berbeda dengan Persib. Persija kesulitan mencetak gol, tapi minim kebobolan. Tim asuhan Sudirman cuma tujuh kali mencetak gol dan kebobolan tiga gol.

Artinya, Persija vs Persib adalah duel tim pertahanan bagus melawan tim produktif. Lini depan Persija yang terbilang mandul bakal berhadapan dengan duet bek yang sudah banyak ditaklukkan lawan.

Secara materi pemain, Persija dan Persib punya profil nama-nama besar. Akan ada sajian duel pemain-pemain sayap cepat dari kedua tim di final Piala Menpora 2021.

Persija punya Riko Simanjuntak, sementara Persib ada Frets Butuan dan Febri Hariyadi. Di lini lainnya, kedua tim juga punya pemain-pemain menonjol.

Dari sektor kiper, Persija punya Andritany Ardhiyasa yang berlabel timnas. Ia akan berduel dengan Wander Luiz, striker tajam yang sudah membuktikan kualitasnya bersama Persib sejak tahun lalu.

Sementara Persib sudah menampilkan kiper berbeda di ajang pramusim ini. I Made Wirawan sudah dipercaya dalam dua pertandingan terakhir untuk menggusur Teja Paku Alam.

Siapapun kiper Persib yang main, mereka harus berjibaku dengan Marko Simic. Penyerang Persija asal Kroasia itu dikenal sebagai pemain yang mahir mencetak gol.

Menuju laga final Piala Menpora 2021 leg pertama, Persija mengusung target menjadi tim pertama yang mengalahkan Persib. Ya Maung Bandung memang belum terkalahkan dalam perjalanannya dari fase grup.

"Semoga nanti Persija jadi tim pertama yang mengalahkan mereka (Persib)," kata Sudirman, Rabu (21/4/2021).

Di sisi lain Pangeran Biru tak sesumbar dalam menyambut Persija vs Persib ini. Sejak awal Persib memang tak memasang target di ajang pramusim ini.

"Kami menganggap setiap lawan sama kuatnya. Permainan Persib adalah menyerang dan bertahan. Sepak bola adalah soal kemenangan berapapun skornya, yang penting tampil nyaman," kata Robert Rene Alberts.

(cas/krs)