Yang Terbaik di Piala Menpora 2021

Yanu Arifin - Sepakbola
Minggu, 25 Apr 2021 23:15 WIB
Logo Piala Menpora 2021
Piala Menpora 2021 sudah tuntas, dan dimenangkan Persija Jakarta. (Foto: Muhammad Robbani/detikcom)
Solo -

Tuntas sudah gelaran Piala Menpora 2021. Dimenangkan Persija Jakarta, berikut deretan yang terbaik sepanjang turnamen.

Piala Menpora 2021 menjadi kompetisi uji coba di tengah pandemi virus corona Indonesia. Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sepakbola Indonesia akhirnya bergulir lagi setelah setahun lebih vakum.

Dimulai pada 21 Maret 2021, sebanyak 39 pertandingan digelar di beberapa kota. Bandung, Surakata, Sleman, dan Malang menjadi tuan rumah, bagi 17 tim yang ikut serta.

Setelah melewati fase grup, perempatfinal dan semifinal, Piala Menpora 2021 mencapai babak puncak pada Rabu (21/4/2021) dan Minggu (25/4/2021). Finalnya mempertemukan Persija Jakarta vs Persib Bandung dalam dua leg pertandingan.

Persija Jakarta menang di dua leg final atas Persib Bandung. Setelah menang 2-0 di Sleman, Macan Kemayoran kembali menang 2-1 di Solo.

Usai laga final, disebutkan deretan yang terbaik sepanjang turnamen. Tim juara diraih Persija, yang dihadiahi medali emas dan uang sebesar Rp 2 miliar.

Sementara Persib harus puas menjadi runner up, dan cuma meraih medali perak + uang Rp 1 miliar. Adapun tim peringkat tiga diraih PSS Sleman, yang diberi medali perunggu dan uang Rp 750 juta. Dan PSM Makassar menempati posisi empat, dan mendapat hadiah Rp 500 juta.

Untuk pemain terbaik, gelandang Persija Marc Klok menjadi pemiliknya. Pemain naturalisasi itu diganjar trofi dan uang sebesar Rp 100 juta.

Kemudian pemain muda terbaik disabet bek sayap PSIS Semarang, Pratama Arhan, dan diberi uang Rp 50 juta.

Pencetak gol terbanyak disabet striker Persiraja Banda Aceh, Assanur Rijal. Penyerang 25 tahun itu bikin 4 gol sepanjang turnamen, dan diberi hadiah Rp 100 juta plus trofi.

Dua gelar terakhir diberikan kepada tim Fair Play, yang direbut PSM Makassar, serta wasit terbaik, yakni Agus Fauzan Arifin.

Daftar Terbaik di Piala Menpora 2021

Juara: Persija Jakarta

Runner Up: Persib Bandung

Tim Peringkat 3: PSS Sleman

Tim Peringkat 4: PSM Makassar

Pemain Terbaik: Marc Klok (Persija Jakarta)

Pemain Muda Terbaik: Pratama Arhan (PSIS Semarang)

Topscorer: Assanur Rijal (Persiraja Banda Aceh/4 Gol)

Tim Fair Play: PSM Makassar

Wasit Terbaik: Agus Fauzan Arifin

(yna/aff)