Ramai Tagar #PresidenBolaMenggeliat, Apresiasi Warganet untuk Jokowi

Jihaan Khoirunnisaa - Sepakbola
Rabu, 28 Apr 2021 16:55 WIB
Persija Jakarta mengangkat trofi Piala Menpora 2021 di Stadion Manahan, Solo, 25 April 2021.
Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021 usai mengalahkan Persib Bandung di final. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Jakarta -

Setelah setahun terhenti akibat pandemi Corona, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupaya untuk menghidupkan kembali olahraga sepakbola di Tanah Air lewat gelaran kompetisi Pramusim Piala Menpora 2021. Upaya tersebut mendapat apresiasi dari para pecinta sepak bola Indonesia.

Hal ini terlihat dari tagar #PresidenBolaMenggeliat yang ramai di lini masa media sosial, bahkan menjadi trending topic di Twitter pada Rabu pagi dengan jumlah cuitan puluhan ribu.

"Terimakasih Pak Presiden Jokowi sudah membuat kompetisi bola menggeliat lagi #PresidenBolaMenggeliat," cuitakun @BarakudaTempur dikutip Rabu (28/4/2021).

Warganet menilai kesuksesan Piala Menpora 2021 bisa menjadi pembuka jalan bagi berlangsungnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Salah satunya akun @bob_Marwah yang menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi, Menpora, Polri, dan PSSI karena telah sukses menyelenggarakan Piala Menpora dan menghidupkan kembali sepak bola di tengah pandemi.

"Bismillah, Insha Allah Kesuksesan Piala Menpora jadi tiket menuju Liga Indonesia, terimakasih untuk Menpora, Polri, PSSI, pak Presiden dan semua yang terlibat dalam kesuksesan Piala Menpora, kami pecinta sepakbola tanah air sangat semangat menyambut liga #PresidenBolaMenggeliat," tulis @bob_Marwah.

Sejumlah netizen menilai kesuksesan pelaksanaan Piala Menpora tidak lepas dari penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, sehingga kompetisi ini bisa digelar meski di tengah naiknya jumlah kasus COVID-19.

"Luar biasa banget ya di tengah tingginya kasus COVID 19, ajang Piala Menpora justru bisa sukses digelar dengan zero kasus jempolan #PresidenBolaMenggeliat," kata @miyakk9.

Hal senada juga diutarakan akun @sukmaja72. Dia menilai pemerintahan Jokowi dan PSSI serius dalam menghidupkan sepak bola di tanah air setelah setahun terdampak pandemi.

"Akhirnya Piala Menpora menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menghidupkan sepak bola ditengah pandemi #PresidenBolaMenggeliat," tukasnya.

Di samping itu masyarakat juga mendorong agar Liga 1 dan Liga 2 bisa dilaksanakan, mengingat banyak orang yang menggantungkan hidup mereka dari kompetisi ini. Sebut saja pemain, pelatih, official klub, wasit, dan tenaga pendukung.

Mereka menjadi pihak yang terdampak selama satu tahun ini sejak kompetisi dihentikan akibat wabah COVID-19. Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 dinilai akan menghidupkan kembali roda ekonomi masyarakat khususnya UMKM dan industri yang bergerak di bidang olahraga sepak bola.

Terkait hal ini, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Presiden Jokowi telah meminta dirinya untuk melakukan kajian soal kemungkinan dijalankannya Liga 1 dan Liga 2 musim 2021.

Menurut Zainudin, selama ini Jokowi terus memantau perkembangan sepak bola di Indonesia, termasuk mempertimbangkan untuk kembali bergulirnya kompetisi di masa pandemi COVID-19.

"Pak presiden memantau langsung, ada pesan dari beliau supaya kompetisi dilakukan, tapi dengan protokol kesehatan yang ketat," terangnya.

Diungkapkan Zainudin, Jokowi turut mengapresiasi gelaran Piala Menpora 2021 karena penggemar bola dan para supporter patuh terhadap imbauan untuk tidak datang berkerumun ke stadion dan tidak nonton bareng.

Dia mengatakan, Jokowi juga meminta agar Liga 1 dan Liga 2 dipersiapkan dengan baik, termasuk mengkaji kemungkinan adanya penonton terbatas di stadion.

"Beliau (Presiden Jokowi) memberi arahan kepada saya tadi untuk Liga 1 dan Liga 2 dipersiapkan dengan baik. Presiden Jokowi sudah menerima banyak apsirasi dari masyarakat agar Liga 1 dan Liga 2 nanti mulai diberlakukan penonton terbatas. Bapak presiden sudah membuka peluang itu sudah menyampaikan kepada saya untuk saya mengkaji jadi mengkaji bukan mengizinkan," pungkasnya.

(ega/krs)