Tim Sepakbola PPLP Maluku Diusulkan Ikut Kompetisi Divisi III

Inkana Putri - Sepakbola
Jumat, 30 Apr 2021 17:30 WIB
Tim Sepakbola Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar Maluku
Foto: Kemenpora
Jakarta -

Direktur Pengembangan Usia Muda PSSI, Mundari Karya, mengusulkan agar tim sepakbola Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPLP) Provinsi Maluku mengikuti Kompetisi Divisi III Asprov PSSI Maluku. Menurutnya, bergabungnya PPLB dalam kompetisi tersebut akan memberikan kesempatan bertanding yang lebih banyak dan menambah jam terbang. Hal ini nantinya juga membuat tim PPLP dapat menikmati atmosfer pertandingan sesungguhnya di kompetisi resmi.

"Sesuai regulasi FIFA, pesepakbola junior itu minimal melakoni 30 pertandingan pada kompetisi resmi dalam setahun. Saat ini, para pemain di PPLP Maluku, paling hanya melakoni sepuluh pertandingan resmi setahun lewat Kejurnas PPLP maupun POPNAS. Tentunya ini masih sangat minim dan jauh dari yang digariskan FIFA," kata Mundari dalam keterangan tertulis, Jumat (30/4/2021).

Hal tersebut disampaikan usai melihat langsung sesi latihan tim PPLP di Stadion Mandala Remaja, Ambon, Kamis (29/4). Mundari menyebut keinginannya ini telah mendapatkan dukungan dari Ketua Asprov PSSI Maluku, Sofyan Lestaluhu. Namun, hal tersebut masih dalam proses persetujuan Dinas Pemuda dan Olahraga.

"Pihak Asprov memberikan dua opsi, ikut dengan membawa bendera PPLP Maluku, atau seluruh pemain yang ada tampil di bawah bendera klub yang sudah terdaftar. Tentunya hal ini tinggal menunggu persetujuan dari Dispora setempat," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pemanduan dan Pengembangan Bakat, Asdep Pembibitan dan IPTEK Olahraga, Waluyono, menambahkan hal ini merupakan salah satu hasil bimtek yang dilakukan bersama PSSI. Ia berharap daerah lain dapat mengikuti langkah yang telah dilakukan Asprov PSSI Maluku terhadap tim sepakbola PPLP.

"Dengan begitu, peningkatan performa para pesepakbola muda yang ada di PPLP bisa lebih cepat terlihat. Hal ini sesuai dengan amanah Inpres No 3 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan prestasi sepakbola nasional," pungkasnya.



Simak Video "KOI Minta Kompetisi All England Dihentikan!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/krs)