Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Sudah Gigih, tapi Banyak Kekurangan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 26 Mei 2021 16:05 WIB
Timnas Indonesia
Shin Tae-yong menilai timnas Indonesia masih banyak kekuarangan usai kalah dari Afghanistan di laga uji coba (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Shin Tae-yong mengomentari penampilan Timnas Indonesia yang kalah 2-3 dari Afghanistan, Selasa (25/5/2021). Katanya, masih banyak kekurangan meski tampil gigih.

Timnas Indonesia sempat tertinggal 0-3 dalam laga di Lapangan Iranian Club, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Selasa (25/5/2021) malam WIB. Afghanistan mencetak gol masing-masing pada menit ke-6, ke-43, dan ke-49.

Beruntung tak ada gol tambahan lagi yang diciptakan Afghanistan untuk menambah keunggulan mereka. Saat Afghanistan buntu, giliran Timnas Indonesia yang mulai berhasil memperbaiki finishing-nya.

Egy Maulana Vikri yang baru masuk di babak kedua sanggup memperkecil ketertinggalan Timnas Indonesia menjadi 1-3 pada menit ke-59. Lima menit berselang, giliran Adam Alis yang mencatatkan namanya di papan skor dan mengubah kedudukan menjadi 2-3. Skor itu bertahan sampai akhir pertandingan.

"Pertama untuk stopper, banyak kekurangan di sektor itu, tetapi dengan adanya pemain seperti sekarang, kami harus perbaiki satu demi satu," kata Shin Tae-yong mengomentari penampilan anak asuhnya, dalam rilis PSSI.

"Kemudian passing dalam pertandingan. Kalau dilihat juga kekurangan ada saat tidak bisa melakukan serangan balik yang baik, itu yang akan diperbaiki satu demi satu. Secara keseluruhan, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki," ujarnya menambahkan.

Secara keseluruhan, Shin Tae-yong memaklumi kekurangan yang ada dalam Timnas Indonesia saat ini. Mau bagaimanapun, mayoritas pemain yang dibawanya minim pengalaman di level senior.

Tak lupa ia juga mengapresiasi kegigihan para pemain yang berupaya mengejar ketertinggalan. Berikutnya, Evan Dimas Cs bakal meladeni Oman pada uji coba kedua, 29 Mei.

"Memang ini sebuah proses, jadi kami berusaha untuk memainkan seluruh pemain. Dan juga selama satu tahun enam bulan tidak bergulirnya kompetisi di Indonesia, sehingga bisa dibilang ini sebagai awal. Ini merupakan perkembangan yang sangat baik," tutur pria asal Korea itu.

"Babak pertama kami memang kemasukan tiga gol, namun di babak kedua kami bisa mengejar kembali untuk mencetak dua gol. Di situ saya melihat kegigihan dari para pemain, dan saya berterima kasih atas usahanya," ucap Shin Tae-yong soal penampilan Timnas Indonesia.

(nds/yna)