Raffi Ahmad-Menpora Bahas Pengembangan Bisnis Sepakbola

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 27 Mei 2021 23:45 WIB
Raffi Ahmad bertemu dengan Menpora Zainudin Amali, bahas sepakbola Indonesia.
Raffi Ahmad bertemu dengan Menpora Zainudin Amali, membahas sepakbola Indonesia. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Artis Raffi Ahmad datang ke Kantor Kemenpora, Rabu (27/5/2021). Ia datang dan disambut Menpora Zainudin Amali untuk membicarakan pengembangan bisnis sepakbola.

Kedatangan Raffi juga sekaligus untuk sowan terhadap kiprahnya di sepakbola setelah ia mengakuisisi Cilegon United. Klub Liga 2 itu kemudian ia ubah namanya menjadi Rans Cilegon FC.

Terdekat, kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 akan segera bergulir lagi. Kabarnya Polri sudah pasti akan mengizinkan, tinggal menunggu pengumumannya saja dari pihak kepolisian.

"Kami disksusi banyak hal tentang perkembangan sepakbola. Karena sepakbola Indonesia sudah menggeliat lagi. Liga 1 dan Liga 2 sebentar lagi bergulir, tinggal menunggu izin Polri," kata Amali.

"Saya memohon doa restu karena Rans Cilegon FC siap melangkah ke Liga 2. Kami antusias Liga 2 segera bergulir," ujar Raffi menimpali.

"Saya di sini benar-benar ingin memajukan sepakbola. Khususnys sport dan entertainment-nya sepak-bola sehingga ada juga hiburannya buat masyarakat Indonesia dan semua pecinta sepakbola," katanya lagi.

Kiprah Raffi dan pesohor lainnya yang turun ke sepakbola mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Setelah Raffi, ada juga Baim Wong yang belum lama ini menjalin kerja sama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kabarnya, Atta Halilintar juga bakal menyusul Raffi dan Baim Wong. Selain artis, Raffi juga mengajak para pengusaha-pengusaha untuk mengikuti jejaknya ke sepakbola.

Suami dari Nagita Slavina itu juga mengajak untuk menggairkahkan Liga 3. Sejauh ini memang fokus para artis dan pebisnis memang baru mencapai ke Liga 1 dan Liga 2 saja.

Sementara itu, salah satu hal yang didorong Pemerintah terhadap kiprah Raffi adalah memperbaiki pola bisnis para klub. Salah satu caranya dengan membawa klub melantai di bursa saham.

"Sebenarnya itu pekerjaan rumah PSSI. Kami cukup back-up saja. Melihat potensi masuk bursa saham, itu bukan tak mungkin dilakukan. Tadi Raffi sampaikan Insyaallah beliau rapikan adminstrasi keuangan sesusai persyaratan go public," ujar Amali.

"Kami mengajak pengusaha masuk ke sepakbola, kalau Liga 1 sudah berjalan stabil tapi untuk Liga 2 dan juga Liga 3 harus di-support pengusaha. Kami akan banyak belajar untuk cita-cita tim kami untuk IPO (Initial Public Offering) kan," tutur Raffi.

"Kami ada link-link, sepakbola kita sangat-sangat bisa ke arah sana. Apalagi Indonesia sendiri sangat luas sekali. Tim bola mungkin bisa punya merek makanan sendiri, punya apparel sendiri. Kita lihat Persija atau Persib, kalau listing sangat besar kemungkinannya," ujarnya.



Simak Video "Ikuti Kongres PSSI, Raffi Ahmad dan Kaesang Disambut Hangat Menpora"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)