Timnas Kalah 2 Kali di Laga Uji Coba, Apa Kata Shin Tae-yong?

Mercy Raya - Sepakbola
Minggu, 30 Mei 2021 13:45 WIB
Sejumlah pemain Tim Nasional Indonesia melakukan sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa (11/5/2021). Latihan tersebut dipantau langsung Ketua Umum PSSI Mohammad Iriawan dan Kaesang Pangarep.
Timnas Kalah 2 Kali di Laga Uji Coba, Apa Kata Shin Tae-yong? (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Dubai -

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menilai perfoma skuadnya lebih baik meskipun menelan dua kali kekalahan dalam laga uji coba di Dubai.

Timnas Indonesia yang menjalani pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab, sejak 18 Mei lalu, menjajal kemampuannya melawan Afganistan dan Oman. Namun, dua pertandingan itu berakhir kekalahan.

Indonesia melawan Afganistan kalah 2-3, sedangkan menghadapi Oman kalah 1-3 di Stadion The Sevens, Dubai, Uni Emirat Arab, Sabtu (29/5/2021). Kendati kalah, Shin Tae-yong memiliki penilaiannya tersendiri terhadap perkembangan permainan Evan Dimas dkk. Menurutnya, skuad jauh lebih baik.

"Seperti yang saya kalatakan sebelumnya, ini adalah sebuah proses. Kalau dilihat dari lawan (Oman), mereka tentu lebih baik dari cara bermain ada perkembangan di sana," kata Shin dalam laman federasi.

"Namun, kami bukan mencari hasil. Masih ada waktu untuk melakukan perbaikan menuju sisa tiga laga utama kami nanti," tuturnya.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga meminta para pemain untuk tak lekas menyerah karena ada tiga pertandingan lain yang lebih penting yaitu lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G. Skuad Garuda akan menghadapi Thailand pada 3 Juni, Vietnam empat hari berikunya, dan terakhir melawan Uni Emirat Arab pada 11 Juni.

Pada pertandingan tersebut, poin maksimal yang bisa diraih Timnas Indonesia adalah sembilan angka dengan catatan menang semua laga sisa. Jika tidak bisa, minimal memperbaiki posisi Indonesia di ranking FIFA menjadi 100 besar dari semula 173 dunia.

"Saya katakan ke pemain, mereka bisa lebih baik dari ini, maka dari itu, saya meminta jangan menyerah dan tetap bisa berjuang. Masih ada tiga pertandingan yang harus dihadapi," tutup Shin Tae-yong.

(aff/aff)