Persebaya Dukung Penerapan Format Baru Liga 1 2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 01 Jun 2021 21:30 WIB
Manajer Persebaya Candra Wahyudi
Manajer Persebaya Candra Wahyudi. Foto: Muhammad Robbani/detiksport
Jakarta -

Persebaya Surabaya mendukung wacana penerapan format 6 seri Liga 1 2021. Bagi Bajul Ijo, sistem ini bagus buat klub untuk bisa bertahan di masa pandemi COVID-19.

Format baru diketahui dari materi pemaparan rencana Liga 1 dan Liga 2 bersama Polri dalam Rapat Koordinasi pekan lalu. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) mempresentasikan format baru dalam kesempatan itu.

Rencananya, Liga 1 akan digelar dengan sistem 6 seri yang akan digelar di enam provinsi di Pulau Jawa. Total ada 24 stadion yang akan menggelar kompetisi kasta tertinggi musim depan.

Seri pertama akan digelar di klaster Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Lalu seri kedua di Jawa Tengah dan Yogyakarta, kemudian seri ketiga serta seri keempat digelar di Jawa Timur. Lalu seri kelima kembali di Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan seri terakhir kembali ke klaster Banten, Jakarta, dan Jawa Barat.

"Kami belum mendapat gambaran pastinya. Tapi nanti itu akan didiskusikan di internal PT LIB," kata Manajer Persebaya Candra Wahyudi kepada wartawan belum lama ini.

Bagi klub, format ini akan mengurangi biaya perjalanan laga away yang biasanya dilakukan sebanyak 17 kali dalam semusim. Tak hanya itu, waktu bepergian untuk laga away juga bisa dikurangi. Itu sebabnya Persebaya mendukung format ini.

"Kami siap-siap saja kan karena formatnya hampir sama dengan Piala Menpora. Kalau situasi pandemi kayaknya belum bisa normal semuanya di belahan dunia. Kita harus menyesuaikan. Jadi, kami mengikuti dan jalan dulu saja," jelas Candra.

(adp/adp)