Indonesia Vs Vietnam: Skuad Garuda Dihajar 0-4

Yanu Arifin - Sepakbola
Selasa, 08 Jun 2021 01:52 WIB
indonesia vs vietnam timnas indonesia timnas vietnam kualifikasi piala dunia 2022 zona asia
Foto: Dok. PSSI
Dubai -

Timnas Indonesia tak berdaya saat melawan Timnas Vietnam di matchday 7 Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Skuad Garuda dilumat 0-4.

Bermain di Stadion Al Maktoum, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) waktu setempat, Indonesia vs Vietnam berjalan ketat sepanjang laga. Osvaldo Haay dkk pontang-panting dalam meredam serangan skuad Prajurit Bintang Emas.

Setelah babak pertama berakhir 0-0, gawang Indonesia kebobolan empat kali di babak kedua. Masing-masing lewat Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, dan terakhir Van Thanh Vu.

Kekalahan membuat Indonesia cuma mengoleksi satu poin dari 7 laga. Sementara Vietnam memimpin Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan 14 poin dari 6 laga, dan maju ke putaran ketiga kualifikasi.

Jalannya Pertandingan

Di sepuluh menit pertama, gawang Indonesia dibahayakan dua kali oleh Vietnam. Namun, lini belakang anak asuh Shin Tae-yong masih sigap mengamankan gawangnya, plus finishing pemain Vietnam yang memang masih kurang maksimal.

Beberapa kesalahan juga masih terjadi di lini belakang Indonesia. Komunikasi yang kurang baik masih terlihat antara kiper Nadeo dengan para beknya, di mana beberapa backpass nyaris dimanfaatkan pemain depan Vietnam, yang dimotori Quang Hai Nguyen, Van Toan Nguyen, Nguyen Tien Linh, untuk mencetak gol

Indonesia sendiri cuma bisa sesekali menekan ke wilayah Vietnam. Trio Kushedya Yudo, Osvaldo Haay, dan Yakob Sayuri kesulitan mendapatkan aliran bola ke depan.

Hingga babak pertama tuntas, tidak ada gol tercipta. Skor Indonesia vs Vietnam masih 0-0.

Di babak kedua, Indonesia memasukkan beberapa wajah baru. Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman dimasukkan, sementara di kubu Vietnam, pergantian juga dilakukan, di mana Nguyen Chong Phuong dan Luong Xuan Truong juga dimasukkan Park Hang-seo.

Vietnam langsung mendapat peluang saat babak pertama belum genap semenit berjalan. Sepakan Luong Xuan cuma membentur mistar atas gawang Nadeo.

Gol! Vietnam akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-50. Nguyen Tien Linh membobol gawang Indonesia lewat sepakan dari dalam kotak penalti.

Pemain Indonesia sempat protes, sebab Tien Linh dianggap handball saat percobaan pertamanya diblok dan bola terlihat mengenai tangannya. Namun, wasit Ahmad Al Ali tetap mengesahkan gol tersebut, bahkan memberi kartu kuning ke Nadeo karena protes berlebihan.

Unggu membuat Vietnam menggila. Pada menit ke-62, gol kedua lahir lewat aksi Nguyen Quang Hai, usai sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti melesak masuk ke gawang Nadeo. Skor menjadi 2-0.

Tekanan Vietnam belum berhenti. Pada menit ke-67, gol ketiga bisa dilesakkan Nguyen Cong Phuong, usai bisa mencocor bola di mulut gawang Indonesia. Vietnam unggul 3-0 atas skuad Garuda.

Di menit ke-70, Indonesia nyaris bikin gol. Sepakan Egy Maulana cuma menerpa mistar atas gawang, dan bola muntahannya kemudian bisa disapu pemain Vietnam. Cuma sebatas itu peluang Indonesia.

Sebaliknya Vietnam, bisa merespons tekanan Indonesia lewat gol keempatnya pada menit ke-74. Kali ini Van Thanh Vu bisa membobol gawang Indonesia lewat sepakan placing dari sisi kiri kotak penalti. Skor menjadi 4-0 buat Vietnam.

Unggul telak tak membuat Vietnam puas. Tekanan masih terus dilancarkan sang pemimpin Grup ke lini pertahanan Indonesia, yang cukup payah menahan gempuran lawan.

Hingga laga bubar, tak ada gol tambahan lagi tercipta. Indonesia vs Vietnam berakhir 0-4. Hasil ini membuat Indonesia cuma mengoleksi satu poin dari 7 laga, sementara Vietnam memimpin Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dengan 14 poin dari 6 laga.

Susunan Pemain

Vietnam: Tan Truong Bui, Tuen Dung Bui, Duy Manh Do, Ngoc Hai Que, Phong Hong Duy Nguyen, Van Thanh Vu, Phan Van Duc, Tuan Anh Nguyen, Quang Hai Nguyen, Van Toan Nguyen, Nguyen Tien Linh

Indonesia: Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, Arif Satriya, Rizky Ramadhani, Asnawi Mangkualam, Evan Dimas, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Osvaldo Haay, Yakob Sayuri, Kushedya Yudo

(yna/nds)