Kronologi PSG Gresik Menjadi PSG Pati Hingga AHHA PS Pati

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 11 Jun 2021 19:45 WIB
Atta Halilintar tanpa headband
Kronologi PSG Gresik sampai menjadi AHHA PS Pati. (Foto: Instagram/@attahalilintar)
Jakarta -

AHHA PS Pati diperkenalkan Atta Halilintar dan Putra Siregar pada 4 Juni 2021. Ini adalah perubahan nama kedua dari yang awalnya Putra Sinar Giri (PSG) Gresik.

Terakhir bernama PSG Gresik, klub ini berkompetisi di Liga 3. Pada musim itu, mereka menjadi juara Liga 3 Zona Jatim dan promosi ke Liga 2.

Setelah kompetisi Liga 2 2020 tak berjalan, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin melihat peluang untuk memboyong PSG Gresik ke Pati. Pria yang juga pengusaha itu berhasil mewujudkan hasratnya, kemudian mengubah nama PSG Gresik menjadi Putra Safin Group (PSG) Pati.

Saiful Arifin berambisi untuk mengelola PSG Pati secara profesional. Gebrakan pertamanya adalah membangunkan Training Ground mewah di Pati.

Pada awal tahun ini, apparel penyedia perlengkapan Timnas Indonesia, Mills, pun mengikat kerja sama dengan PSG Pati. Setelah itu, PSG Pati meluncurkan jersey resmi klub buatan Mills pada 11 April.

Identitas Pati pun ditonjolkan di jersey yang katanya mirip klub klub Belanda yakni Willem II itu. Salah satunya bandeng di belakang jersey yang katanya ikon Kabupaten Pati.

Tapi, belum unjuk gigi di bawah kepengurusan Saiful Arifin, PSG Pati sudah diisukan bakal diakuisisi lagi. Kabarnya Youtuber Atta Halilintar mau masuk.

Lama tak muncul kabar akuisisi ini, Atta tiba-tiba malah meluncurkan klub baru, juga dari Pati, yakni AHHA PS Pati. Belakangan baru diketahui kalau AHHA PS Pati ternyata adalah klub yang sama dengan PSG Pati.

Atta yang masuk ke PSG kemudian me-rebranding klub dengan mengubah namanya menjadi AHHA PS Pati. AHHA disinyalir adalah singkatan dari Atta Halilintar, sementara PS adalah Putra Siregar dari PS Store.

Soal perubahan nama yang terbaru, PSSI dengan tegas tak mengakuinya. Nama terakhir yakni PSG Pati adalah yang sah terdaftar di PSSI.

"PSSI mengakuinya yang atas nama PSG Pati. Aturannya kan jelas, harus seperti klub-klub yang sebelumnya alurnya seperti itu," kata Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

Kronologi PSG Gresik menjadi AHHA PS Pati

1. Putra Sinar Giri (PSG) Gresik (2019-2020)
Kompetisi: Liga 3 2019 dan Liga 2 2020

2. Putra Safin Group (PSG) Pati (Desember 2020)
PSG Gresik diakuisisi Wakil Bupati Pati Saiful Arifin dan namanya menjadi PSG Pati

3. AHHA PS Pati
Atta Halilintar (Youtuber) dan Putra Siregar dari PS Store masuk ke PSG Pati dan meluncurkan AHHA PS Pati pada 4 Juni 2021



Simak Video "Atta Halilintar Klaim Masalah AHHA PS Pati Vs Persiraja Sudah Selesai"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)