Persela Keok dari Madura United di Laga Uji Coba

Eko Sudjarwo - Sepakbola
Minggu, 20 Jun 2021 01:33 WIB
Persela Lamongan Kalah dari Madura United di laga uji coba.
Persela kandas di tangan Madura United. (Foto: Eko Sudjarwo/detikcom)
Jakarta -

Persela Lamongan berhadapan dengan Madura United dalam laga uji coba. Persela menuntaskan pertandingan dengan kekalahan 0-1.

Meski harus menelan kekalahan 0-1 dari Madura United, Persela Lamongan mengaku cukup puas dengan jalannya pertandingan yang berlangsung tertutup di Stadion Surajaya Lamongan, Sabtu (19/6/2021).

Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, melihat ada sisi positif bagi perkembangan anak didiknya yang tampil dengan banyak materi pemain muda ini.

"Alhamdulillah, kami cukup puas dengan penampilan anak-anak muda. Kita turun dengan pemain muda tanpa adanya Malik, Abi yusuf, dan Bustomi. Tapi apa yang mereka tampilkan hari ini cukup memberikan harapan," kata Iwan Setiawan usai laga, Sabtu (19/6/2021).

"Insya Allah, menambah keyakinan kami (tim pelatih), bahwa anak-anak muda juga bisa. Jadi itu nilai positif dari pertandingan hari ini yang kami dapat," sambungnya.

Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir ini dianggap sudah bermain cukup oke, walaupun ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Iwan menyebut, taktik compact defense yang diberikan selama latihan berhasil diterapkan dengan baik oleh para pemain.

"Alhamdulillah, kami rapi sekali tadi, sampai golnya tadi juga hanya dari set piece korner, tapi dari open play mereka (pemain Persela) cukup disiplin dalam menggalang compact defense, walaupun masih ada celah-celah yang perlu kami perbaiki lagi," Iwan Setiawan mengungkapkan.

Iwan menjelaskan hal yang kurang dari Persela sejauh ini adalah transisi dari bertahan ke menyerang. Para pemain Laskar Joko Tingkir terlihat begitu terburu-buru melepas umpan sehingga mudah kehilangan bola.

"Ketika kami memenangkan bola, kalau orang Jawa bilang kesusu (terburu-buru)," beber Iwan.

Pelatih Madura United, Rahmad Darmawan, mengakui timnya kesulitan untuk membongkar pertahanan rapat Persela. RD menyebut, pertandingan melawan Persela menjadi pelajaran berharga bagi tim asuhannya sebelum mengarungi Liga 1 2021.

"Babak pertama kami bermain sangat mendominasi, tapi masih kesulitan ketika menghadapi lawan yang bermain compact defense, ini pekerjaan rumah yang harus saya benahi bagaimana melawan compact defense," kata Rahmad.

"Di babak kedua tadi, di menit-menit awal, mulai ada perubahan meski tetap belum maksimal. Saya memang berharap ada yang lebih dari hari ini yang ditampilkan para pemain menghadapi tim yang bermain dengan cara seperti itu (compact defense)," sambungnya.

RD juga mengucap terima kasih ke Persela Lamongan karena sudah memberikan pelajaran bagus untuk Madura United. RD juga menyampaikan, pada pertandingan uji coba kali ini sengaja pihaknya mengambil pertandingan di kandang lawan.

Persela kalah 0-1 atas Madura United lewat gol Rafael Silva pada babak kedua. Persela di penghujung babak pertama sempat mendapatkan penalti, tapi kesempatan tersebut belum bisa dimanfaatkan dengan baik oleh gelandang serang Persela, Akbar.



Simak Video "Ibu di Surabaya Tewas Bersimbah Darah di Pangkuan Putranya"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/pur)