Jakarta Tetap Gelar Seri Pertama Liga 1 2020/2021

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 23 Jun 2021 17:00 WIB
Stadion PTIK tetap terawat di jeda kompetisi Shopee Liga 1 2020. (
Jakarta Tetap Gelar Seri Pertama Liga 1 2020/2021 (detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) meluruskan kabar soal Jakarta yang disebut batal menggelar seri pertama Liga 1 2021/2022. Tiga venue di Jakarta tetap akan digunakan.

Sebelumnya, PT LIB sempat menyebut bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Madya, dan Stadion PTIK, batal menggelar seri pertama Liga 1 di klaster Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Ternyata itu hanya kesalahpahaman saja.

Intinya, venue di Jakarta tetap akan menyelenggarakan pertandingan selama bukan pertandingan yang melibatkan Persija Jakarta. Sesuai kesepakatan, tak ada klub yang bermain di venue asal kotanya.

"Ya begini, kan kami juga melihat match-nya apa, yang jelas kan kalau Persija nggak mungkin main di Madya atau GBK. Nah itu bisa untuk match-match lain, mungkin ada salah miss komunikasi dan salah persepsi seolah-olah GBK atau Madya nggak dipakai," kata Direktur Operasional PT LIB Sudjarno, kepada wartawan.

"Nanti itu akan digunakan, kecuali ada match Persija nggak akan main di situ (Jakarta). Kemungkinan ada match lain (klub selain Persija) yang kemungkinan bisa pakai juga ke Madya atau GBK," ujarnya.

Total ada 9 stadion yang sudah ditentukan PT LIB buat klaster DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Enam stadion lainnya adalah Stadion Benteng Taruna, Stadion Pakansari, Stadion Patriot Chandrabhaga, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Si Jalak Harupat, dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Seri pertama ini akan melangsungkan 8 match week Liga 1. Rencananya, penyelenggaraannya akan digelar pada 9 Juli hingga 28 Agustus.

"Stadion patriot juga nggak bisa buat Persija karena itu kan homebase-nya Persija juga, kan begitu. GBK, Patriot, dan Madya nggak dipakai untuk Persija, tapi bisa mungkin dipakai untuk match klub lainnya," ucap Sudjarno.

9 Stadion seri pertama Liga 1 2021/2022

1. Stadion Benteng Taruna, Tangerang
2. Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor
3. Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi
4. Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi
5. Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung
6. Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung
7. Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
8. Stadion Madya, Jakarta
9. Stadion PTIK, Jakarta

(aff/cas)