ADVERTISEMENT

Piala Wali Kota Solo 2021 Tetap Jalan di Tengah Amukan COVID-19?

Ari Purnomo - Sepakbola
Sabtu, 26 Jun 2021 12:10 WIB
Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Di tengah situasi pandemi terkini, Piala Wali Kota Solo 2021 dipastikan bergulir dalam hitungan hari. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang memastikannya.

"Piala wali kota sudah pasti (bergulir), izinnya sudah keluar kok dari pak Kapolda," ujar Gibran kepada wartawan ditemui di Balaikota, Sabtu (26/6/2021).

Turnamen Piala Wali Kota Solo 2021 merupakan agenda pra-musim, yang rencananya akan digelar pada 29 Juni - 4 Juli 2021 di Stadion Manahan, Solo.

Rencana tersebut mundur dari jadwal sebelumnya, yakni pada 20 Juni. Lonjakan kasus COVID-19 membuat perhelatan jadi mundur.

Bahkan satu tim, Dewa United, akhirnya memutuskan mundur dari gelaran turnamen karena tak mau ambil risiko dengan situasi pandemi saat ini. Sriwijaya FC sudah dipilih sebagai pengganti.

Wali Kota Gibran sendiri menegaskan, pelaksanaan Piala Wali Kota Solo 2021 tetap akan dilakukan dengan prokes ketat. "SOP-nya sama dengan gelaran Piala Menpora, tidak ada penonton, tidak ada suporter semua menonton dari rumah."

Ia menambahkan, kawasan stadion Manahan bakal dijaga ketat oleh petugas gabungan dari TNI dan Polri, yang akan menghalau jika ada suporter atau warga yang hendak ke Stadion Manahan untuk menyaksikan pertandingan. Pemain dan ofisial pun bakal rutin menjalani tes Swab.

"Suporter sudah saya kondisikan agar menonton di rumah saja. Untuk pengamanan sama seperti Piala Menpora kemarin."

"Sudah dikondisikan sama panitia. Sebelum ke sini swab, sampai sini swab, hotel sudah disiapkan," imbuhnya menyoal pemain dan ofisial tim peserta Piala Wali Kota Solo 2021.

"Cuma lima hari gelarannya. Saya sudah komunikasi dengan pak (Gubernur Jateng) Ganjar (Pranowo) dan suratnya juga sudah ada. Moga-moga lancar," pungkas Gibran Rakabuming Raka terkait penyelenggaraan Piala Wali Kota Solo 2021.

Sementara itu, terkait dengan pengamanan yang akan dilakukan oleh pihak kepolisian, Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak masih enggan memberikan penjelasan. "Sudahlah nanti, kan belum dimulai (Piala Wali Kota Solo)," katanya.

Dalam beberapa waktu terakhir, tercatat lonjakan kasus COVID-19 yang signifikan di sejumlah Indonesia termasuk di Jateng, khususnya Solo. Pada tengah pekan, para Bupati dan Walkot se-Solo Raya pun melakukan rapat tatap muka untuk membahas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sementara pada hari Jumat (25/6) kemarin, Kampus ISI Solo juga dinyatakan lockdown setelah 21 mahasiswa positif COVID-19 dan 1 staf karyawan meninggal dunia.

Sementara di Piala Menpora 2021 lalu, ajang pra-musim yang turut menjadi rujukan Piala Wali Kota Solo 2021, imbauan dan protokol kesehatan sempat ditaati suporter. Tapi pelanggaran terjadi selepas final big match antara Persija Jakarta dan Persib Bandung. Saat itu ada suporter Persija yang konvoi untuk merayakan gelar juara di jalanan ibu kota, sedangkan sejumlah suporter Persib justru melakukan penyerangan ke kantor Maung Bandung.

(krs/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT