Liga 1 Ditunda, Begini Dampaknya Bagi Persib Bandung

Yudha Maulana - Sepakbola
Selasa, 29 Jun 2021 23:15 WIB
persib bandung latihan meski ada virus corona shopee liga 1 2020
Liga 1 Ditunda, Begini Dampaknya Bagi Persib Bandung (Yudha Maulana/detikSport)
Bandung -

Penundaan kompetisi Liga 1 2021 memberikan banyak dampak pada klub-klub peserta, termasuk Persib Bandung. Apa saja dampaknya?

Direktur Utama PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengatakan, dampak tersebut mulai dari perubahan program latihan Persib hingga berkaitan dengan pihak sponsor.

Seperti diketahui, PSSI dan PT LIB resmi menunda Liga 1 dan Liga 2. Kompetisi ditunda sampai akhir Juli 2021 sambil menunggu perkembangan COVID-19 nasional yang saat ini trennya tengah menanjak.

"Dampaknya banyak banget. Ya banyak lah mulai dari persiapan tim ya pasti programnya berubah semua, terus kemudian dengan pihak sponsor kita harus menjelaskan semua kan bahwa ini mundur," ujar Teddy kepada wartawan, Selasa (29/6/2021).

"Banyak banget lah yang harus kita jelaskan lagi, banyak lah bahwa yang harus kita revisi semua ininya apakah nanti diundur ini, apakah mundur sebulan, ya konsekuensinya banyak lah," kata Teddy melanjutkan.

Kendati begitu, Teddy memastikan skuat Maung Bandung tak akan diliburkan. Pemain Persib Bandung akan tetap melakukan latihan dengan program yang akan disesuaikan.

"Paling program latihan diubah dari yang sebelumnya main tanggal 9. Ini pasti diubah lah kalau memang 3 mingguan lah jadi akan ada penyesuaian," ucapnya.

Sebelumnya, penyebab penundaan ini adalah masuknya surat dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ke PSSI dan PT LIB. BNPB meminta agar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 ditunda pelaksanaannya.

Dengan begitu, Liga 1 batal bergulir pada 9 Juli mendatang dengan laga pembuka antara PSS Sleman melawan Persija Jakarta. Liga 2 yang bakal kick off dua pekan dua pekan setelahnya juga ditunda pelaksanaannya.

"Kami menghormati keputusan PSSI dan LIB atas penundaan ini, karena seperti kita semua ketahui bahwa kasus covid sedang sangat tinggi dan kami harapkan covid bisa segera mereda, sehingga liga bisa segera dimulai. Ayo kita bersama-sama jaga untuk tetap menjalankan 5M dan prokes," pungkas Teddy.

(yum/aff)