Liga 1 Ditunda, Persela Lamongan Ambil Hikmahnya

Eko Sudjarwo - Sepakbola
Jumat, 02 Jul 2021 22:45 WIB
Persela Lamongan
Liga 1 Ditunda, Persela Lamongan Ambil Hikmahnya Foto: (Eko Sudjarwo/detikSport)
Lamongan -

Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan tidak terlalu ambil pusing atas penundaan Liga 1 2021. Malah, itu memberikan keuntungan tersendiri bagi Persela.

Iwan Setiawan menyebut perubahan jadwal kick off tersebut cukup berpengaruh pada program latihan yang telah disusun. Namun Iwan juga tidak menampik penundaan kompetisi juga memberikan keuntungan tersendiri bagi Persela.

"Yang jelas dengan penundaan jadwal (Liga 1), barangkali Persela satu-satunya tim yang diuntungkan," kata Iwan.

Menurut Iwan, keuntungan yang didapat adalah tambahan waktu untuk mematangkan tim. Persela, aku Iwan, memiliki tambahan waktu setidaknya 3 pekan untuk memantapkan taktikal dan fisik pemain sebelum mengarungi kompetisi. Iwan juga tidak keberatan meski harus menyusun kembali program latihan Laskar Joko Tingkir.

"Mudah-mudahan ini (penundaan kick off Liga 1 2021) hikmah buat kita," ujarnya.



Penundaan kompetisi ini juga akan dimanfaatkan oleh Iwan Setiawan menyiapkan program latihan khusus untuk striker asal Brasil, Ivan Carlos yang sudah mulai bergabung dalam latihan Persela Lamongan, setelah menuntaskan masa karantina di Jakarta.

Ivan yang begitu antusias melahap menu latihan yang diberikan tim pelatih. Namun sayangnya pada latihan perdananya itu, kondisi fisik Ivan tampak belum 100 persen. Selain kondisi fisik yang tidak prima, pelatih asal Medan itu juga menyebut tubuh Ivan Carlos terlihat agak kegemukan.

"Alhamdulillah kita sudah kedatangan Ivan Carlos. Tapi kita lihat dia sedikit problem dengan kondisinya, saya lihat berat badannya juga lebih ya, dari Ivan Carlos yang kita tahu sebelumnya," lanjutnya.

Kondisi tersebut membuat Iwan Setiawan meminta pelatih fisik Persela Lamongan untuk menyusun program latihan khusus untuk memulihkan kondisi Ivan Carlos.

"Jadi mudah-mudahan dengan waktu yang ada ini bisa kita perbaiki. Saya juga udah berkoordinasi dengan pelatih fisik supaya lebih fokus untuk pengembalian kondisi fisiknya Ivan Carlos," ujarnya.

Untuk diketahui, kompetisi Liga 1 yang semula dijadwalkan bergulir pada 9 Juli mendatang harus diundur karena naiknya penyebaran COVID-19. Rencananya, kick off baru akan dilaksanakan pada akhir Juli 2021.

(aff/krs)