Nasib Bali United dan Persipura di Piala AFC 2021 Masih Menggantung

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 05 Jul 2021 14:20 WIB
Logo Piala AFC
Piala AFC 2021 Zona ASEAN masih menggantung. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Nasib Bali United dan Persipura Jayapura di Piala AFC 2021 masih menggantung. Di rilis terbaru AFC, tak disebutkan secara spesifik nasib Piala AFC Zona ASEAN.

AFC dalam keputusan terbarunya pada, Senin (5/7/2021), mengumumkan ikhwal gelaran Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC 2021 dan 2022 yang terkena dampak pandemi COVID-19. LCA misalnya yang diputuskan digelar dengan format single leg saja untuk babak perempat final, semifinal, dan final.

Dalam keputusan AFC sebelumnya, babak penyisihan LCA digelar dengan format normal yakni dua leg. Begitu juga dengan Piala AFC yang babak penyisihannya juga bakal digelar satu leg saja.

Terkait nasib Piala AFC Zona ASEAN dan Zona Asia Selatan yang belum menunjuk tuan rumah, nasibnya masih menggantung. Tak ada pernyataan spesifik terkait kepastian dua fase grup dari dua zona ini.

Sebagaimana diketahui, Indonesia punya dua wakil di ajang ini yakni Bali United dan Persipura. Keduanya terancam batal mentas di ajang kelas dua turnamen antar-klub Asia itu.

"Telah diputuskan kompetisi (Piala AFC) tetap lanjut dengan sisa laga yang ada, di saat yang sama, semua laga di semua babak yang tak bisa digelar karena meningkatnya angka penularan COVID-19, akan dibatalkan dan pembatalan itu dianggap sebagai kejadian force majeure," tulis pernyataan AFC.

Pernyataan di atas bisa ditafsirkan bahwa Piala AFC Zona ASEAN dan Zona Asia Selatan dibatalkan karena ketiadaan tuan rumah. Dua grup Zona ASEAN yakni H dan I awalnya akan digelar di Singapura.

Pada perjalanannya, Singapura mengundurkan diri karena mengantisipasi situasi COVID-19 di sana. Sampai saat ini tak ada kepastian pengganti Singapura, sementara Zona Asia Selatan belum menunjuk tuan rumah hingga saat ini.

Di sisi lain, AFC juga memastikan bahwa tak ada perubahan jadwal dengan babak semifinal dan final Zona ASEAN. Padahal di zona lainnya ada perubahan jadwal semifinal dan final. Bahkan ada peniadaan babak semifinal di Zona Asia Barat dan Zona Asia Tengah.

Hal itu bisa diasumsikan bahwa AFC sebenarnya masih mau melanjutkan Piala AFC Zona ASEAN. AFC masih menunggu perkembangan sebelum memutuskan untuk membatalkan Piala AFC Zona ASEAN dan Zona Asia Selatan.

(cas/aff)