Putra Shin Tae-yong Direkrut Ansan Greeners, Setim dengan Asnawi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 19 Jul 2021 15:12 WIB
Ansan Greeners
Ansan Greeners merekrut anak Shin Tae-yong,Shin Jae-hyuk. ( Foto: Instagram @ansan_greeners FC)
Jakarta -

Putra Shin Tae-yong, Shin Jae-hyuk, direkrut Ansan Greeners dari Universitas Konkuk. Ia bakal setim dengan Asnawi Mangkualam yang sudah lebih dulu bergabung.

Dilaporkan Sport Chosun, Shin Jae-hyuk, sudah lolos tes medis, sebelum diresmikan Ansan sebagai pemain baru pada, Senin (19/7/2021). Pemain berusia 20 tahun itu juga sudah mengambil bagian dalam latihan Ansan.

"Saya sudah mengamati Shin Jae-hyuk secara cermat dalam dua bulan terakhir. Sebagai pemain dari universitas, kami perlu melakukan verifikasi dengan serius. Jadi kami memanggilnya untuk dicoba dalam pertandingan," kata Pelatih Ansan Kim Gil-sik dikutip dari Sport Chosun.

"Kemampuannya dalam menerobos dan drible-nya sangat bagus. Dia mahir dalam bermain menyerang dan cepat membawa bola ke depan. Yang paling menggembirakan, sikap serius dan ketenangannya sangat istimewa," ujarnya.

Kim Gil-sik menegaskan bahwa timnya merekrut Shin Jae-hyuk bukan karena faktor Shin Tae-yong. Pemain berposisi menyerang itu direkrut karena memang punya kemampuan.

"Saya tak melihat ayahnya (Shin Tae-yong), saya cuma fokus ke kemampuan pemain yang sudah kami coba dalam pertandingan," tutur Kim Gil-sik.

Shin Jae-hyuk sendiri memang menambah daftar hubungan mesra Ansan dengan keluarga Shin Tae-yong. Sebelumnya, Shin Jae-won, juga putra Shin Tae-yong sekaligus kakak kandung dari Shin Jae-hyuk, sempat memperkuat Ansan sebelum pindah ke klub K League 1, FC Seoul.

Bergabungnya Asnawi ke Ansan juga tak terlepas dari peranan Shin Tae-yong. Asnawi direkomendasikan pelatih Timnas Indonesia itu sebagai pemain potensial dari Indonesia.

Sementara itu, klub K League merekrut pemain dari Universitas bahkan siswa SMA merupakan hal lumrah. Kebetulan memang ada kompetisi antar SMA hingga Universitas, dimana bakat-bakat potensial kerap diamati oleh para pemandu bakat.

Syaratnya, sang pemain minimal harus sudah berusia 17 tahun untuk bisa dikontrak secara profesional. Penyerang RB Leipzig, yang pernah membobol Liverpool di Liga Champions 2019/2020 bersama klub Red Bull Salzburg, Hwang Hee-chan, adalah salah satu contohnya. Sebelum direkrut Pohang Steelers, klub K League 1, Hwang Hee-chan merupakan pemain tim SMA.

(cas/yna)