Liga 1 2021 Akan Bergulir, Jadwal dan Laga Pembuka Masih Misteri

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 12 Agu 2021 19:18 WIB
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau biasa disapa Iwan Bule.
Liga 1 akan kickoff, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, belum tentukan jadwal dan venue. (Foto: Mercy Raya/detikSport)
Jakarta -

Kompetisi Liga 1 2021 yang akan digulirkan masih terkendala situasi COVID-19. Sampai saat ini belum ada kepastian jadwal resmi hingga lokasi partai pembuka.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah mengisyaratkan Liga 1 bisa bergulir mulai 27 Agustus mendatang. Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebenarnya mau kickoff mulai 20 Agustus.

Setelah diundur, PSSI dan PT LIB kini sudah yakin kompetisi bakal bisa bergulir lagi. Terkini, PSSI dan PT LIB baru saja memperkenalkan Bank BRI sebagai sponsor utama baru dan beberapa sponsor-sponsor lainnya.

Masalahnya, belum ada kepastian tentang penjadwalan kompetisi hingga partai pembuka. Dalam jadwal sebelumnya, PSS Sleman Vs Persija Jakarta sedianya yang akan main pertama.

PSSI masih akan terus memantau perkembangan situasi COVID-19 masih akan terus dipantau sebelum keputusan resmi terkait Liga 1 diambil. Sementara PT LIB sebelumnya berjanji bahwa kepastian jadwal akan ditentukan sepekan sebelum kick off.

"Insyaallah Jumat 27 Agustus nanti kickoff, tempatnya di mana kami akan umumkan kemudian," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan secara virtual.

"Sekarang kami harus melihat daerah hijau dan pertandingan berikutnya juga begitu. Ini dinamis ya. Kami akan mengambil data dari Kementerian-Kepolisian," ujarnya.

Lanjut Iriawan, ia menegaskan bahwa masalah perizinan sudah tidak ada kendala. Meski belum ada pengumuman resmi, ia mengklaim Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah merestui kompetisi.

Sebenarnya, Polri memang sudah memberikan rekomendasi pada akhir Mei lalu. Tinggal BNPB saja yang belum mengumumkan rekomendasi terbaru setelah sempat meminta Liga 1 ditunda pada akhir Juni lalu.

"Terima kasih kepada Pak Kapolri yang sudah memberikan izin keramaian. Ini situasi berbeda, kalau dulu kami langsung izin keramaian tanpa rekomendasi dari Satgas COVID, Kemenpora, dan BNPB. Karena ini situasi extraordinary situasi COVID jadi berbeda," ucap Iriawan.

"Selamat bertanding bagi seluruh tim yang ada. kita semua yang ada di sini sebagai keluarga sepak bola indonesia dan turut memajukan olahraga yang kita cintai ini," ucapnya.



Simak Video "Ketum PSSI Berang Akibat Buruknya Kualitas Wasit Liga 3"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)