Keren! Arema FC Luncurkan Jersey Baru, Ada Motif Relief Candi

Muhammad Aminudin - Sepakbola
Selasa, 17 Agu 2021 18:42 WIB
Jersey Arema FC untuk Liga 1 2021, ada motif relief Candi Badut.
Keren! Arema FC Luncurkan Jersey Baru, Ada Motif Relief Candi. Foto: dok. Arema FC
Malang -

Arema FC resmi meluncurkan jersey baru untuk Liga 1 2021. Jersey yang diluncurkan bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-76 ini punya motif spesial.

Ada corak relief Candi Badut, peninggalan sejarah masa Kerajaan Kanjuruhan, di jersey ini. Arema memang ingin menunjukkan kejayaan masa lampau melalui motif jersey yang dikenakan pemainnya.

Manager Bisnis Arema FC Yusrinal Fitriandi mengungkapkan, jersey ini sebenarnya sudah dipersiapkan cukup lama. Bicara tentang candi, imbuhnya, memiliki makna cukup mendalam secara filosofi.

"Filosofi dari candi ini adalah suatu bangunan yang kokoh yang bisa berdiri lama, dan kita tahu semua struktur bangunannya sudah diakui kekokohannya sampai ribuan tahun, itu artinya kira gambarkan sebagai Arema FC yang wajib dijaga juga kekokohannya," ucap Yusrinal kepada awak media pada Selasa (17/8/2021).

Jersey Arema FC untuk Liga 1 2021, ada motif relief Candi Badut.Jersey Arema FC untuk Liga 1 2021, ada motif relief Candi Badut. Foto: dok. Arema FC

Ia menambahkan, dalam motif jersey ada salah satu relief di Candi Badut yang disematkan. Relief yang bernama kinara kinari ini adalah relief yang menceritakan pasangan yang menjaga mata air.

"Mata air ini digambarkan di kita sebagai anugerah Tuhan yang tidak ada habisnya. Kalau diibaratkan Arema adalah karunia untuk masyarakat Malang raya, semangatnya di situ," imbuhnya.

"Berikutnya, di jersey ini juga terdapat motif strap merah yang terdapat di kerah leher. Warna merah itu diibaratkan keberanian karena peluncuran jersey ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, maka filosofi itu kita masukkan ke dalam jersey home Arema FC di Liga 1 2021."

"Arema FC ini tidak hanya sekadar klub sepakbola, di dalamnya ada harga diri yang harus diperjuangkan. Warna garis merah yang ada di lengan, leher serta garis yang menghubungkan di pundak adalah bentuk dari tanggung jawab besar yang harus dituntaskan dengan keberanian," terangnya.

Satu set jersey home original autentik Arema FC, yang akan dipakai di Liga 1 2021, dibanderol dengan harga Rp 500 ribu. Harga tersebut telah satu paket dengan celana dan boks yang menjadi tempat jersey home tersebut.

Sementara itu Sejarawan Malang Dwi Cahyono menyebut Candi Badut, yang jadi inspirasi jersey home teranyar Arema FC, merupakan bangunan sejarah yang penting bagi warga Malang Raya. Candi Badut merupakan peninggalan Kerajaan Kanjuruhan, yang jadi kerajaan tertua di Jawa Timur yang sudah ada sejak abad 6 sampai 8 Masehi.

"Banyak warga Malang raya khususnya anak-anak tidak mengenal Kerajaan Kanjuruhan, mereka lebih tahu Kanjuruhan sebagai sebuah stadion bukan kerajaan, sedangkan Gajayana yang rajanya banyak dikenal karena nama kereta api. Padahal Kerajaan Kanjuruhan itu merupakan kerajaan tertua di Jawa Timur dan candinya (Candi Badutnya) adalah candi tertua di Jawa Timur."

(krs/ran)