Wagub DKI: Persija Jakarta Akan Berkantor di Stadion JIS

Tiara Aliya Azzahra - Sepakbola
Minggu, 22 Agu 2021 16:00 WIB
Long project photo story karya fotografer Pradita Utama ini merekam perjalanan panjang Jakarta International Stadium sejak tahun 2018-2021. Begini penampakannya.
Maket proyek Jakarta International Stadium. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Persija Jakarta kembali ditegaskan dapat prioritas memakai Jakarta International Stadium (JIS). Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut, Persija juga akan berkantor di stadion tersebut.

"Tentu dong Persija nanti akan berkantor di situ. Kita tentu prioritaskan Persija yang nanti akan berkantor di JIS," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan, Minggu (22/8/2021).

Di sisi lain, Riza juga mengungkap alasan pihaknya mengizinkan PSSI untuk memanfaatkan stadiun JIS buat latihan Timnas Indonesia. Sebab, stadion itu tak hanya diperuntukan warga DKI semata.

"Stadion JIS ini diperuntukan untuk seluruh masyarakat Jakarta dan Indonesia tentunya. Itu kan kerja sama pengelolaan dengan PSSI agar stadion ini bermanfaat bagi seluruh warga Jakarta dan Indonesia," jelasnya.

Sebelumnya, PT Jakpro menandatangani kerja sama dengan PSSI pada Selasa (17/8/2021). Kerja sama ini membuat Timnas Indonesia punya kesempatan untuk memanfaatkan fasilitas JIS, termasuk menggelar laga di sana.

Hal itu memunculkan pertanyaan di kalangan penggemar Persija Jakarta, The Jakmania. Maklum, JIS adalah janji politik yang sudah ditebar oleh Gubernur DKI Jakarta. Mulai dari Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama, hingga Anies Baswedan.

Ketika JIS akhirnya terealisasi, PSSI malah menjadi pihak yang pertama menjalin kerja sama dengan PT Jakpro selaku pengelola pembangunan stadion ini. Di sisi lain, Persija Jakarta kerap terusir saat Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) digunakan event lain.

Sementara SUGBK adalah satu-satunya stadion representatif yang bisa digunakan Persija Jakarta setelah digusurnya Stadion Menteng hingga Stadion Lebak Bulus. Menanggapi hal itu, PT Jakpro juga sudah menjamin hak prioritas buat Persija.

"Sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta, JIS diprioritaskan bagi klub-klub asal Jakarta. Misalnya jika terjadi benturan jadwal antara Persija dan Tim Bola lain dalam penggunaan JIS, maka Persija akan mendapatkan prioritas lebih dulu," kata Project Director Sportainment Muhammad Maulana PT Jakpro dalam rilisnya.

(krs/ran)