Jacksen F Tiago Santai Persipura Ditaklukkan Persita

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 29 Agu 2021 20:00 WIB
Persita Tangerang berhasil mengalahkan Persipura Jayapura pada pertandingan BRI Liga 1 2021. Pendekar Cisadane menang tipis 2-1.
Jacksen F Tiago Santai Persipura Ditaklukkan Persita (Foto: Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago memaklumi kekalahan timnya dari Persita Tangerang. Ia tak kecewa-kecewa amat karena menilai persiapan tim tak maksimal.

Persipura Jayapura kalah 1-2 dari Persita di Stadion Pakansari, Sabtu (28/8/2021) pada pekan perdana BRI Liga 1 2021. Harrison Cardoso dan Irsyad Maulana adalah pencetak golnya, sementara satu gol Persipura dicatat oleh Ramai Rumakiek.

Jacksen tak begitu menyesalkan kekalahan. Sejak awal, ia ingin melihat kesiapan anak asuhnya bertanding lagi sejak lama menepi dari lapangan karena vakumnya kompetisi sejak Maret 2020.

"Secara skor kami memang kalah. Tapi secara pribadi saya sampaikan ke anak-anak di ruang ganti, dilihat dalam persoalan persiapan kami telah melebihi ekspektasi," kata Jacksen saat memberikan keterangan virtual seusai laga.

"Kami menciptakan beberapa momentum untuk hasil yang baik. Saat ini kami sedang proses, tadi anak-anak sudah keluarkan kemampuan terbaik, tapi memang hasilnya belum bagus," ujarnya menambahkan.

Salah catatan positif Persipura adalah munculnya Ramai Rumakiek. Pemain berusia 19 tahun yang baru debut di Liga 1 itu langsung mencetak gol.

Persipura sangat membutuhkan regenerasi setelah mendepak Boaz Solossa dan Yustinus Pae. Memulangkan pemain Papua dan mengorbitkan pemain muda menjadi salah satu di antaranya.

Misalnya, Ricky Kayame yang dipulangkan setelah melanglang buana bersama Persita Tangerang, Persebaya Surabaya, dan Arema FC. Sementara Ramai Rumakiek menjadi pemain muda yang diorbitkan.

"Kami sedang membangun kekuatan yang baru dan itu bukan hal yang mudah, tetapi semua pemain berani tampil dengan kemampuan terbaiknya dan saya cukup puas dengan apa yang mereka berikan. Tapi belum waktunya untuk buat kami untuk dapat hasil yang diinginkan," ucap Jacksen

"Hasil yang tadi kita raih harus tetap bersyukur karena itu mungkin rencana tuhan. Tadi kami sudah kerja keras, mungkin kurang di finishing nanti akan kami perbaiki lagi," tutur Ramai Rumakiek menimpali.

Sementara itu, kemenangan Persita sekaligus menjadi pengulangan laga uji coba. Sebelumnya kedua tim pernah menggelar sparring pada pertengahan Juni lalu yang dimenangkan Persita dengan skor 3-1.

"Puji Tuhan, Alhamdulillah kami bisa memenangkan pertandingan. Atas kerja keras kita semua pemain dan semua yang terlibat di dalam kepengurusan Persita juga men-supportnya. Dan tentunya fans Persita di manapun berada, terima kasih doanya," ujar Pelatih Persita Widodo Cahyono Putro.

"Pertandingan pertama ini sangat berat ya. Ini terus terang saja, sangat berguna uji coba dengan Persipura jadi saya tahu titik lemahnya mereka. Dan itu yang bisa kita manfaatkan oleh anak-anak Persita," ucap eks striker Timnas Indonesia itu.

(aff/ran)