ADVERTISEMENT

Pemerintah Izinkan Liga 1 2021 Lanjut, Maksimal 9 Laga per Pekan

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 31 Agu 2021 16:00 WIB
Pelaksanaan Liga 1 2021/2022 telah bergulir selama 3 pertandingan di tiga lokasi berbeda, dalam tiga laga tersebut nantinya akan dievaluasi dan tolok ukur bagi PSSI dan PT LIB apakah kompetisi dapat dilanjutkan hingga akhir musim.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Lanjutan Liga 1 2021 telah dapat izin pemerintah untuk dilanjutkan. Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 disebutkan kompetisi bisa bergulir maksimal 9 laga per pekan.

Sebelumnya, pemerintah cuma mengizinkan tiga laga Liga 1 2021 saja sebagai uji coba. Kompetisi dibuka dengan Bali United vs Persik Kediri menjadi laga pembuka Liga 1, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (27/8).

Kemudian disusul dua laga lain, yakni Persipura Jayapura vs Persita Tangerang di Stadion Pakansari, Bogor (28/8), dan Bhayangkara FC vs Persiraja Banda Aceh (30/8) di Tangerang.

Setelahnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) menemui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membahas lanjutan Liga 1 2021. Masih ada sisa enam laga pekan pertama.

Karena dianggap sukses, pemerintah pun mengizinkan lanjutan Liga 1. Dalam salinan Inmendagri No 38 yang diterbitkan baru-baru ini, disebutkan kompetisi Liga 1 bisa dilanjutkan sampai semusim ke depan.

"Secara resmi pemerintah mengizinkan liga berjalan," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport menyoal Inmendagri No 38.

Ada empat poin yang menjadi instruksi dari pemerintah untuk diterapkan di Liga 1. Intinya, protokol kesehatan harus tetap diterapkan secara konsisten.

Berikut 4 instruksi pemerintah untuk lanjutan Liga 1 2021:

Kompetisi Sepak Bola Liga 1 (satu) dapat dilaksanakan maksimal 9 (sembilan) pertandingan setiap minggunya dan diselenggarakan di wilayah Kabupaten/Kota dengan kriteria level 3 (tiga) dan level 2 (dua), dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi untuk melakukan skrining terhadap orang yang keluar masuk pada tempat pelaksanaan kompetisi dan Latihan;

2) Pelaksanaan kompetisi tidak diperbolehkan menerima penonton langsung di stadion. Kegiatan menonton bersama oleh suporter juga tidak diperbolehkan;

3) Seluruh pemain, ofisial, kru media, dan staf pendukung yang hadir dalam kompetisi wajib sudah memperoleh vaksinasi dosis kedua, hasil negatif PCR H-1 dan hasil negatif Antigen pada hari pertandingan; dan

4) Pelaksanaan kompetisi Liga 1 wajib mengikuti aturan protokol kesehatan yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT