MILLS: Setelah Inggris, Kini Coba Tembus Pasar Bulgaria

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 09 Sep 2021 00:05 WIB
Brand kostum timnas sepakbola Indonesia, Mills, membuka gerai di Bandung. Pembukaan gerai ini menjadi awal bagi kebangkitan produk lokal di masa pandemi.
MILLS Sport coba tembus pasar fesyen Bulgaria (Wisma Putra/detikSport)
Sofia -

MILLS Sport tak puas hanya menembus pasar Inggris dengan mensponsori Tranmere Rovers. Kini sponsor apparel Timnas Indonesia itu coba menembus Bulgaria.

Sejak menjadi sponsor apparel Timnas Indonesia awal tahun lalu, MILLS memang gencar melebarkan sayapnya ke olahraga lokal lewat kerjasama dengan beberapa klub Liga 1 dan Liga 2 seperti Bali United, Bhayangkara FC, PSG Pati, Sulut United, dan Dewa United.

Selain itu, klub IBL Bali United Basketball Club dan Dewa United juga disponsori MILLS. Belum lagi beberapa pemain timnas serta pemain asing seperti Renan Silva juga jadi brand ambassador.

Puncaknya adalah ketika MILLS ditunjuk menjadi penyedia apparel untuk klub Inggris yang berlaga di divisi League Two Tranmere Rovers. Bahkan menurut kabar kontraknya pun akan diteruskan hingga musim depan.

Ini jadi pertanda bahwa dunia internasional sudah mulai mengakui MILLS. Meski demikian, hal itu tidak bikin mereka puas karena justru jadi pelecut untuk terus melakukan inovasi.

Salah satunya adalah lewat kerjasama dengan brand Eropa lainnya. Kali ini MILLS melakoni kerjasama dengan Best Brands, merek pakaian dan kecantikan kelas premium dari Bulgaria. Best Brands mengaku tertarik dengan karya Mills sehingga ingin membantu memasarkannya di negeri Eropa Timur tersebut.

Hal itu disampaikan oleh CEO Best Brands Vladislava Harizanova dalam acara serah terima sampel produk tekstil Indonesia sekaligus penjajakan kerja sama PT Mitra Kreasi Garmen selaku pemegang merek MILLS Indonesia belum lama ini di Sofia, Bulgaria.

Serah terima sampel produk MILLS ini berlangsung secara hybrid dihadiri perwakilan PT Mitra Kreasi Garmen, Fransen Susanto, dan Jackson Lo. Dalam acara penyerahan sampel, pihak Best Brand mengapresiasi KBRI yang telah memfasilitasi pengiriman sampel.

MILLS Sport tak puas hanya menembus pasar Inggris dengan mensponsori Tranmere Rovers. Kini sponsor apparel Timnas Indonesia itu coba menembus Bulgaria.MILLS Sport tak puas hanya menembus pasar Inggris dengan mensponsori Tranmere Rovers. Kini sponsor apparel Timnas Indonesia itu coba menembus Bulgaria. Foto: dok.KBRI Bulgaria

"Kami kagum dengan sampel produk Mills yang sangat berkualitas. Tahapan selanjutnya adalah negosiasi dan penentuan kuantitas," kata Vladislava Harizanova dalam rilis kepada detikSport.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Bulgaria, Iwan Bogananta, yang memprakarsai serah terima produk menyebut hal ini sebagai bagian dari upaya memajukan ekspor Indonesia, sehingga dapat berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini.

"Sebagaimana diketahui, tekstil merupakan salah satu penyumbang perdagangan ekspor terbesar di Indonesia. Kami berharap langkah serah terima produk tekstil ke brand ternama Bulgaria ini segera membuka jalan kebangkitan industri tekstil kita ke pasar Eropa," kata Iwan Bogananta.

Dalam kesempatan ini, Fransen Susanto juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak KBRI Indonesia di Bulgaria dan kawasan Eropa yang telah membantu membesarkan nama MILLS Sport.

"Kami berharap produk Indonesia dalam waktu dekat dapat memasuki pasar Bulgaria. Sungguh langkah ini merupakan angin segar dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional pascapandemi melalui kampanye 'Bangga Buatan Indonesia', seperti dicanangkan Presiden Jokowi," kata Fransen.

(mrp/rin)