Liga 2: 11 Stadion Diverifikasi, Klub Luar Jawa Bisa Jadi Tuan Rumah

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 13 Sep 2021 21:47 WIB
PT Liga Indonesia Baru
Foto: detikcom/Muhammad Robbani
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) masih melakukan verifikasi stadion untuk tuan rumah fase grup Liga 2 2021. Ada potensi klub luar Pulau Jawa menjadi tuan rumah.

Total ada 11 klub yang mengajukan diri menjadi tuan rumah. Mereka adalah PSMS Medan, PSPS Riau, Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, Martapura Dewa United FC, PSKC Cimahi, Persekat Tegal, PSCS Cilacap, Persis Solo, Kalteng Putra FC, dan Persiba Balikpapan.

Daftar 11 klub yang mengajukan ini diumumkan PT LIB 10 September lalu. Nantinya hanya ada 4 klub yang dipilih untuk menggelar fase grup.

"Belum ditentukan, saat ini masih dilakukan proses verifikasi. Tim dari PSSI dan PT LIB saat ini sedang di lapangan melakukan pengecekan," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

Dari 11 klub ini, lima di antaranya merupakan klub dari luar Pulau Jawa. Lima klub ini adalah PSMS Medan, PSPS Riau, Sriwijaya FC, Kalteng Putra, dan Persiba Balikpapan.

PT LIB tak menutup kemungkinan untuk memilih lima klub luar Pulau Jawa ini menjadi tuan rumah Liga 2 2021. Semua klub yang mengajukan diri punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan hak menjadi tuan rumah.

"Sangat mungkin, tergantung hasil verifikasinya. Targetnya Rabu proses verifikasi akan selesai. Setelah itu akan diumumkan keputusannya," ujar Lukita.

Total ada 24 peserta yang akan menjadi peserta Liga 2 2021. Mereka akan dibagi ke dalam empat grup. Masing-masing grup nantinya akan diisi oleh enam klub yang akan menerapkan sistem double round robin alias setiap klub berhadapan dua kali.

(krs/cas)