Solo Jadi Tuan Rumah Liga 2, Gibran: Klub Datang-Pulang Aman

Ari Purnomo - Sepakbola
Jumat, 17 Sep 2021 13:40 WIB
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Solo Jadi Tuan Rumah Liga 2, Gibran: Klub Datang-Pulang Aman Foto: (Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan keamanan untuk klub-klub Liga 2 yang akan bertanding di Stadion Manahan, menyusul terpilihnya Stadion Manahan sebagai tuang rumah.

Keamanan bagi pemain dan official klub tidak hanya saat mereka datang ke Solo saja, tetapi juga saat mereka akan kembali ke daerah asalnya.

"Klub-klub yang datang ke Solo dalam keadaan aman dan kembali juga dalam keadaan aman," ujar Gibran, Jumat (17/9/2021).

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), menambahkan, kondisi Solo saat ini aman dari Covid-19. Meski begitu, dirinya tetap mengimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Solo sudah aman dari ancaman Covid-19, tapi tetap menjaga prokes," kata dia.

Gelaran Liga 2 yang akan diadakan di tengah pandemi, Gibran mengatakan, pertandingan masih tanpa penonton. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerumunan yang bisa berpotensi menjadi klaster baru.

"Masih tanpa penonton nanti, kita sudah siap (menggelar) tidak ada masalah," ungkapnya.

Digelarnya sepak bola kasta kedua ini membuat Gibran optimis perekonomian di Kota Solo juga akan ikut terdampak. Ini karena, adanya klub-klub dari grup C yang datang ke Solo akan menjadikan Solo ramai kembali.

"Hotel-hotel menjadi terisi, rumah makan juga ramai. Pastinya akan menggerakkan perekonomian masyarakat, kita juga mulai menarik even-even nasional," paparnya.

Seperti diketahui selain Stadion Manahan, tiga stadion lain yang akan menjadi tuan rumah Liga 2 yakni Stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Stadion Madya Senayan Jakarta dan Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya.

(aff/cas)