Egy Kurang Hoki

Afif Farhan - Sepakbola
Kamis, 07 Okt 2021 21:45 WIB
Egy Maulana Vikri kesakitan saat Timnas Indonesia menghadapi Thailand di SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Selasa (26/11/2019).
Ilutrasi Egy Maulana Vikri (foto bukanlah di laga Indonesia vs Taiwan-red) (Foto: Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

Indonesia kalahkan Taiwan 2-1 dalam playoff Piala Asia 2023. Skuad Garuda bisa saja cetak gol lebih banyak, andai Egy Maulana Vikri dipayungi Dewi Fortuna.

Indonesia vs Taiwan tersaji di laga playoff Piala Asia 2023. Pertandingan leg pertama ini dihelat di Chang Arena, Buriram, Thailand, pada Kamis (7/10/2021) malam WIB.

Pelatih Shin Tae-yong menurunkan beberapa pemain debutan. Hasilnya cukup memuaskan.

Ramai Rumakiek membawa Indonesia unggul di menit ke-16. Miftah Sani mengirim umpan ke dalam kotak penalti, lalu Ramai mampu mengontrol bola dengan baik dan melewati dua kepungan bek Taiwan lalu menceploskan si kulit bundar dengan mulus ke dalam gawang.

Di babak kedua, Indonesia menambah keunggulan lewat Evan Dimas pada menit ke-48. Dirinya sukses memaksimalkan umpan tarik dari Kushedya Hari Yudo di dalam kotak penalti.

Taiwan mampu memperkecil ketertinggalan di menit akhir. Heng-pin Hsu tidak terkawal dalam menyambut bola pantulan dari situasi tendangan bebas.

Di pertengahan babak pertama, Egy Maulana Vikri masuk menggantikan sang pencetak gol, Ramai Rumakiek. Pemain asal Papua itu dilanggar sampai lima kali dan terlihat kesakitan.

Egy belum terlihat cukup nyetel di babak pertama. Barulah di babak kedua, Egy tampil menggigit.

Egy mampu melepas banyak tembakan, tercatat lima kali shots on target dilakukannya, satu melebar dari tendangan bebas, dan satu diblok. Sayangnya, penampilan kiper Shih Shin-an cukup apik.

Egy Maulana Vikri mendapat peluang terbaiknya untuk bikin gol di menit ke-67. Mendapat bola dari sisi kanan, pemain FK Senica itu lebih dulu melakukan cut inside dan melepaskan tembakan keras. Sayangnya, Shin Shin An dengan cermat mampu menepisnya.

Shih Shin-an sungguh jadi batu sandungan Egy. Penyerang berusia 21 tahun pun tampak frustrasi.

Indonesia punya keunggulan 2-1 untuk menjalani leg kedua kontra Taiwan pada Senin (11/10) di tempat yang sama. Minimal seri 0-0, Indonesia mampu melangkah ke fase berikutnya.

(aff/rin)