Hasil BRI Liga 1: 10 Pemain Arema Bungkam Persija 1-0

Adhi Prasetya - Sepakbola
Minggu, 17 Okt 2021 20:34 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Arema sukses mengalahkan Persija. Foto: Dok. Istimewa
Solo -

Persija Jakarta akhirnya menelan kekalahan perdana di BRI Liga 1 musim ini. Bermain di pekan ketujuh melawan Arema FC, Macan Kemayoran takluk 0-1.

Bermain di Stadion Manahan, Minggu (17/10/2021), Arema unggul lebih dulu di menit ke-34. Gol pertama Singo Edan itu hadir lewat umpan Renshi Yamaguchi kepada Carlos Fortes.

Striker Portugal itu langsung melepaskan tembakan di tepi kotak penalti yang bersarang telak di sudut kanan gawang Persija yang dijaga Andritany Ardhiyasa. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Persija mengambil inisiatif menyerang. Alfriyanto Nico mendapat peluang di menit ke-49, tetapi hasil akhirnya masih gagal berbuah gol karena bisa diamankan kiper Arema, Adilson Aguero.

Arema tak diam saja. Carlos Fortes kembali mendapat kesempatan di menit ke-63, tetapi kali ini tendangan jarak jauhnya bisa dimentahkan oleh Andritany.

Petaka hadir bagi Arema di menit ke-69. Kushedya Hari Yudo yang baru masuk di babak kedua harus keluar meninggalkan permainan karena mendapat kartu kuning kedua. Sebelumnya ia mendapat kartu kuning pertama di menit ke-61.

Dalam situasi 10 vs 11, Persija kian gencar menyerang gawang Arema. Namun Adilson Aguero begitu sigap mengamankan gawangnya.

Di menit ke-74, ia berhasil melakukan flying save untuk menahan sundulan Otavio Dutra. Enam menit berselang, giliran sundulan Yann Motta yang berhasil ditepisnya.

Ketebalan tembok Adilson tak juga bisa ditaklukkan oleh Tony Sucipto, saat tendangan bebasnya di menit ke-90 bisa diamankan oleh kiper Brasil itu.

Marko Simic sempat mencetak gol di injury time babak kedua, namun dianulir wasit karena dianggap sudah terjadi pelanggaran terlebih dahulu. Para pemain Macan Kemayoran memprotes keputusan tersebut, namun wasit tetap pada pendiriannya.

Hingga peluit panjang, skor 1-0 untuk Arema tak berubah. Hasil ini mengantarkan Singo Edan naik ke urutan empat klasemen sementara Liga 1 dengan 12 poin. Sementara Persija melorot ke posisi tujuh dengan 10 poin.

Susunan pemain

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa, Otavio Dutra, Maman Abdurahman (Dony Tri Pamungkas 78'), Yann Motta, Rezaldi Hehanusa, Tony Sucipto, Dwiki Arya (Fajar Firdaus 70'), Ilham Rio Fahmi (Muhammad Ferarri 88'), Alfriyanto Nico Saputro (Ramdani Lestaluhu 78'), Marko Simic, Riko Simanjuntak

Arema FC: Adilson Aguero Dos Santos, Rizky Dwi Febrianto, Sergio Domingos Reis Silva, Bagas Adi, Johan Ahmat Farizi, Hanif Sjahbandi (Dedik Setiawan 65'), Renshi Yamaguchi, Ridwan Tawainela (Kushedya Hari Yudo 46'), Dendi Santoso, Carlos Manuel Dos Santos Fortes (Diego Michiels 87'), Muhammad Rafli (Jayus Hariono 58')

(adp/aff)