Kualifikasi Piala Asia 2023 Terpusat, Batalkan Format Kandang-Tandang

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 21 Okt 2021 23:35 WIB
Logo AFC, AFC
Kualifikasi PIala Asia 2023 dihelat terpusat (dok. AFC)
Kuala Lumpur -

AFC membatalkan sistem kandang dan tandang untuk babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Sebagai gantinya, akan digelar secara terpusat.

Awalnya, kualifikasi akan digelar dengan format double-round-robin. Dengan jumlah setiap grup berisi empat tim, sedianya peserta memainkan enam laga.

Sementara waktu kualifikasi dimulai Februari hingga September 2022. Namun kini direvisi ke Bulan Juni 2022.

Tapi, situasi COVID-19 yang terus berkembang setiap harinya membuat AFC merevisi rencana itu. Fase grup kualifikasi akan diganti dengan penunjukkan tuan rumah terpusat dan dengan format single-round-robin, yakni setiap tim hanya akan berhadapan dengan lawan yang sama satu kali saja.

"Keputusan ini diambil Komite Eksekutif AFC setelah mempertimbangkan tantangan yang ada lantaran situasi COVID-19, sambil memprioritaskan keamanan semua stakeholders menuju babak utama yang akan digelar di China pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023," begitu pernyataan AFC.

AFC juga sudah menetapkan tanggal baru penyelenggaraan kualifikasi ini. Semua laga akan digelar pada 8, 11, dan 14 Juni.

AFC mempersilakan kepada anggotanya untuk mendaftarkan diri maju ke bidding andai berminat menjadi tuan rumah. Syaratnya negara peminat wajib menyiapkan standar ketat protokol kesehatan semua peserta kualifikasi.

Sementara itu, Timnas Indonesia menjadi salah satu peserta Kualifikasi Piala Asia ini setelah mengalahkan Taiwan dengan agregat 5-1 pada babak playoff. Kini Pasukan Garuda ditempatkan di pot 4 untuk acuan pengundian fase grup.



Simak Video "Top 5: Indonesia Vs Thailand Imbang 2-2, Pemobil Cekcok Gegara Rotor"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/rin)