Ketum PSSI Carikan Lawan buat Timnas agar Ranking Naik Terus

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 25 Okt 2021 06:40 WIB
Timnas Indonesia bertanding di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Dubai, Uni Emirat Arab.
Foto: Antara Foto/Humas PSSI/handout/APP
Jakarta -

Ketum PSSI Mochamad Iriawan ingin melihat Indonesia ada di posisi lebih baik lagi di peringkat FIFA. Ia pun terus mencari lawan tanding buat timnas Indonesia untuk partai friendly pada FIFA Matchday bulan November.

PSSI mau Timnas Indonesia punya persiapan yang baik sebelum tampil di Piala AFF 2020. Selain itu, uji coba resmi pada jeda internasional juga bisa mendongkrak posisi Indonesia di pemeringkatan FIFA.

Piala AFF yang seharusnya digelar 2020 itu bakal dihelat mulai 5 Desember mendatang. Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Ajang ini akan digelar di Singapura yang ditunjuk AFF sebagai tuan rumah sentralisasi. Turnamen akan berlangsung selama kurang lebih 1 bulan, dimana finalnya akan digelar pada 1 Januari 2020.

"Sudah didiskusikan lawan siapa kita, lihat nanti. Yang jelas saya ingin Timnas Indonesia terus memperbaiki peringkat di FIFA," kata Iriawan kepada wartawan.

"Seperti cita-cita saya, paling tidak kalau bisa ke peringkat 150, ya. Ini kan baru naik 10 peringkat menjadi 165, ini kan luar biasa ya," ujarnya.

Timnas Indonesia sempat vakum berkegiatan sejak pandemi COVID-19 melanda. Cuma dua kali laga persahabatan yang pernah digelar yakni menghadapi Afghanistan dan Oman pada 2020 lalu sebelum tampil di sisa Kualifikasi Piala Dunia 2020.

Selebihnya, Timnas Indonesia cuma menggelar Pemusatan Latihan (TC) saja. Makanya ranking Timnas Indonesia di ranking FIFA sempat merosot ke peringkat 175 akibat keterpurukan di Kualifikasi Piala Dunia dan tak menggelar uji coba.

Saat ini kondisi pandemi sudah mulai membaik. PSSI pun sudah mulai menyiapkan agenda lagi buat Timnas Indonesia dengan mencari lawan uji coba.

"Kami akan diskusi nanti tim mana yang nanti akan dihadapi untuk bisa memperbaiki peringkat lagi. Komunikasinya dengan coach Indra Sjafri, masih di Tajikistan dia," tutur Iriawan.

"Enggak masalah mau main di mana saja, yang penting kita harus menang (pada uji coba)," ucapnya menegaskan.

(krs/rin)